Pemko Medan Apresiasi & Dukung Digelarnya Pelatihan Conducting

By Redaktur02 Okt 12, 2019

Medan,Sinarsergai.com-Sebanyak 60 peserta konduktor (dirigen/pemimpin sebuah pertunjukan musik) mengikuti Pelatihan Conducting  yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Kota Medan di Swiss Bellinn Hotel Jalan Gajah Mada, Medan,  Sabtu (12/10). Pemko Medan sangat mengapresiasi dan mendukung digelarnya pelatihan tersebut.

Pelatihan conducting yang dibuka Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan Albon Sidauruk, digelar dalam rangka menyambut Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) se-Kota Medan pada 1 Desember mendatang.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan dilatih untuk memimpin paduan suara sekaligus melatih paduan suara untuk tingkat pemula dan menengah. Adapun kategori dalam perlombaan Pesparawi nanti yakni paduan suara anak, remaja  dan dewasa. Di samping itu juga ada solo anak untuk 7-9 tahun dan 10-13 tahun, solo remaja dan dewasa. Lalu, vocal group dan music pop gereja (band).

 Albon menjelaskan, salah satu unsur musik dalam ibadah gereja pada hari minggu adalah paduan suara. “Walaupun keberadaannya tidak dan belum mutlak bagi sebagian gereja, namun tidak dapat disangkal bahwa kehadiran paduan suara dalam peribadatan membawa pengaruh kuat terhadap jemaat dan kelangsungan ibadah itu sendiri,” kata Albon.

Mantan Kabag Organisasi Tata Laksana Setdako Medan itu menambahkan, guna mendukung pelayanan paduan suara yang enak dan baik didengar, tentunya dibutuhkan pelatih paduan suara.Oleh karenanya pelatih itulah nantinya  yang akan melatih setiap anggota paduan suara sehingga menghasilkan alunan lagu yang enak didengar.

 Terkait itu, Albon berharap melalui pelatihan ini, para pelatih tingkat pemula dan menengah dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan sehingga nantinya dapat membawa anak-anak paduan suaranya meraih berbagai prestasi di bidang olah vokal, khususnya paduan suara. “Banyak kita dengar, paduan-paduan suara gereja yang meraih berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Kota Medan berharap, melalui pelatihan conducting dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta menambah pertemanan. Atas dasar itulah Anton berharap agar pelatihan seperti ini dapat terus  berkelanjutan di kemudian hari.

“Semoga ilmu yang diberikan pada hari ini dapat bermanfaat bagi semua konduktor yang mengikuti pelatihan ini. Di smaping itu silaturahmi yang dibangun dan terjalin melalui pelatihan ini, hendaknya dapat terus terjalin pada masa mendatang,” harap Anton.

Pelatihan conducting  turut dihadiri Kadis Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak selaku Ketua Panitia Paskah Oikumene Kota Medan, Bendahara LPPD Kota Medan Maslen Simamarta, dan Ketua Sumatera Berdoa JA Fernandus. Sedangkan sebagai pemateri latihan didatangkan Ansgar Baringin Manurung dan Hendra Fisher Lingga. (mar)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *