Mentan RI DR H Syahrul Yasin Limpo, SH, MH : Pertanian di Sergai Miliki Potensi Besar Sejahterakan Masyarakat

By Administrator Feb 20, 2020

Terkait dengan akses pembiayaan bagi pelaku usaha peternakan perlindungan dan pemberdayaan petani, telah dilakukan  perbaikan infrastruktur peternakan dalam rangka meningkatkan populasi dan produktivitas ternak yang telah dicanangkan berupa program upaya khusus sapi dan kerbau induk wajib bunting (hamil) yang sudah dimulai sejak tahun 2017.

Ini semakin dikuatkan lagi dengan program sapi dan kerbau komoditas andalan negeri atau SIKOMANDAN. Ungkap Hj. Sabrina.

Sementara Bupati Soekirman dalam sambutan menuturkan selain kunjungan kerja Menteri, ini juga didatangkan sekitar seribuan Sapi, Kerbau dan Kambing sebagai perwujudan rasa cinta dari Mentan terhadap ekonomi rakyat di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Beberapa tahun yang lalu di Sergai diadakan program sapi wajib  berkembang biak, hingga pada hari ini hasilnya kita bisa memanen pedet (anakan sapi). Oleh karenanya, melalui program ini kami mengharapkan satu Desa satu Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) sehingga dapat mencapai semua target yang telah direncanakan.

Program panen pedet ini telah berjalan di Kabupaten Sergai. Hal ini dikarenakan Sergai adalah daerah agraris dengan banyak perkebunan persawahan, perkebunan PTPN maupun swasta.

Dari segi perkebunan kata Soekirman, Sergai telah menghasilkan kecambah sawit yang diekspor ke luar negeri. Seperti di kebun PT. Socfindo, telah diperkenalkan hingga ke Tanzania – Afrika dan di ekspor hingga ke kancah internasional.

Kecambah Kelapa sawit didaerah ini sudah teruji. Selain itu, sebut Soekirman, Sergai menjadi pilot project tanaman sekaligus produksi sorgum yang kini telah dibudidayakan. Kedepannya pohon tanaman Sorgum akan dijadikan pakan sapi dan kambing sehingga sapi milik masyarakat dapat terjaga nutrisinya dengan mengkonsumsi tanaman ini.

Sergai juga memiliki irigasi yang luas untuk pengairan persawahan. Tak hanya itu, Sergai juga mulai mengembangkan wisata tani di berbagai desa dengan tujuan agar meningkatkan perekonomian masyarakat.Jelas Bupati.

Turut hadir Kepala Badan Karantina Ir. Ali Jamil, M.P., Ph.D, Kepala Badan Litbang DR. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, Kepala BPPSDMP Prof. DR. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, Dirjen PSP DR. Sarwo Edhy, S.P., M.M, Dirjen TP DR. Ir. Suwandi, M.Si, Dirjen Perkebunan DR. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc, Kepala BKP  DR Agung Hendriadi, M.Eng, Dirjen PKH DR drh. I Ketut Diarmita, MP,
Dirjen Horti DR. Ir. Prihasto Setyanto MSc, Irjen Justan RIduan Siahaan, AK, M. ACC, CA, QIA dan Staf Khusus Mentan DR. Ir. Imam Mujahidin Fahmid, M.T. Dev, (R-03)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *