Peduli Akan Lingkungan, AMPHIBI Tanam 10.000 Pohon Eucalyptus Dan Produktif

Deli Serdang,Sinarsergai.com – Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (AMPHIBI) bersama ratusan elemen masyarakat, pemerintah, aparat, ormas ,OKP, Paguyuban, dinas pendidikan, dan pelaku usaha menggelar aksi penanaman 10.000 batang Pohon Eucalyptus dan Pohon Produktif di lahan seluas 45 Hektar yang dikelola Kelompok Tani Sepakat 13 di Desa Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Kab upaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Penanaman pohon ini kata Ketua DPW AMPHIBI Sumut M.Nur Nainggolan SS,.MA,Jum’at (18/12/2020) bertujuan untuk perbaikan lingkungan tanaman Eucalyptus ini sebagai pencegahan virus corona, sebab daunnya dapat diproduksi menjadi Hand Sanitizer dan batang pohonnya mempunyai nilai ekonomis jika sudah berumur lebih dari satu tahun. Tentunya akan berdampak ekonomis bagi masyarakat dan kelompok tani yang ikut menanam hingga merawatnya hingga tumbuh besar. M.Nur mengucapkan terimakasih atas semangat dan kebersamaan kerja keras kawan Tekab dan IPIS yang telah mensukseskan Aksi Penanaman Pohon massal yang berlangsung pada Kamis (17/12/2020) dihadiri oleh 800 orang.Ujar M.Nur

Sedangkan Ketua Umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung,So.Si mengungkapkan “Lingkungan kita saat ini butuh perhatian khusus dari berbagai pihak untuk mengantisipasi terjadinya pencemaran, kerusakan lingkungan dan bencana banjir dengan salah satunya melakukan kegiatan penanaman pohon dan memanajemen pohon. Disini kita tidak hanya sekedar menanam, namun harus merawat hingga tanaman tersebut tubuh subur dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar, baik dari segi perbaikan lingkungan hidup maupun manfaat yang dihasilkan dari pohon tersebut. Tentunya hal ini kedepannya dapat mengurangi polusi udara dan mensejahterakan masyarakat,” ujar Agus Salim Tanjung.

Disebutkan Agus, bahwa bibit Pohon Eucalyptus yang diserahkan PT.Toba Pulp Lestar Tbki (PT.TPL) sebanyak 10.000 pohon tentunya sangat bermanfaat dimasa pandemi Covid-19 ini, selain daunnya dapat dijadian Hand Sanitizer, batangnnya juga bernilai ekonomis yang nantinya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dan kelompok petani,” Ucapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumut Ir. Herianto M.Si, mewakili Gubernur Sumatera Utara menyampaikan apresiasi kepada AMPHIBI yang mengagas penanaman 10.000 pohon Eucalyptus dan Pohon Buah/ Produktif  lainnya sebagai upaya perbaikan Lingkungan Hidup  di wilayah Deli Serdang Khususnya dan Umumnya di Sumatera Utara. “Kita ketahui beberapa pekan lalu, disejumlah wilayah di Sumatera Utara, mulai dari Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing tinggi dilanda bencana banjir yang cukup parah.

Hal ini banyak sekali merusak lingkungan dan bencana itu juga diduga adanya perusakan lingkungan. Dengan kegiatan perbaikan Lingkungan yang dilakukan AMPHIBI dengan aksi menanam pohon. Nah, ini berarti AMPHIBI telah peduli dan membantu pemerintah dalam perbaikan lingkungan hidup untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam,” ujar Plt Kadis Kehutanan Sumut.(R-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *