320 Unit Rumah Kebanjiran, Bupati Batubara Terharu Lihat Korban di Tiga Kecamatan

By Administrator Jan 15, 2021

Batubara,Sinarsergai.com – Bupati Kabupaten Batubara Ir Zahir melihat secara langsung rumah warga yang mengalami banjir di Kecamatan Deras, Sei Suka dan Kecamatan Laut Tador (3 kecamatan) Kabupaten Batubara,Sumatera Utara (Sumut), Jum’at (15/1/2021).  kepada warganya. Ungkapan tersebut ia sampaikan ketika ia  meninjau langsung lokasi banjir dan melihat rumah Pemukiman warganya dalam kondisi digenangi air di tiga Kecamatan di Batubara.

“Tetap tabah dan menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang belum tahu hilangnya dari daerah ini. Mari kita bersama sama berdoa agar bencana yang terjadi di Batubara dan negeri ini cepat berlalu,” kata Bupati Zahir saat mengunjungi korban banjir di tiga kecamatan, tersebut, Jum’at (15/1/2021).

Dijelaskannya, banjir ini terjadi dikarenakan intensitas curah hujan yang tinggi dan pecahnya tanggul sungai bah apel di Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan Kabupaten Batubara sehingga berakibatkan tiga kecamatan terendam banjir. Dari informasi BPBD Kabupaten Batubara melaporkan banjir terparah berada di Desa Dewi Seri dan Desa Perk. Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador. Di lokasi itu, kurang lebih sebanyak 320 rumah terendam banjir sejak kamis sore.

Kabupaten Batubara, kata Zahir, merupakan wilayah kabupaten terendah di Provinsi Sumatera Utara. Itulah sebabnya Kabupaten Batubara menjadi langganan banjir. Untuk menanggulangi bencana banjir Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Sosial dan BPBD telah menurunkan bantuan berupa sembako, mendirikan posko kesehatan, dapur umum dan satu unit alat berat berupa Eskavator untuk menormalisasikan sungai, agar air yang menggenangi perumahan warga cepat surut. Ungkap Zahir

Bantuan yang disalurkan berupa 402 paket sembako yang berisikan 10 kg beras, minyak goreng 2 kg, gula 1 kg dan telur 1 papan. Peninjauan lokasi banjir itu Bupati Batubara Zahir turut didampingi Sekda Sakti Alam Siregar, SH, Kapolres Batubara AKBP. H Ikhwan Lubis, SH, MH, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs.Sahala Nainggolan, MM, Kadis Sosial Ishak dan Camat Laut Tador. (Zul)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *