Mengenal Lebih Dekat Sosok H. Gaos (Catatan Asep Wawan Irawan Wartawan Sinarsergai.com di Banten)

By Administrator Feb 19, 2021

Kesehariannya, tidak luput mengikuti pengajian di masjid dengan masyarakat lainnya mempelajari Kitab Kuning dan ajaran agama Islam lainnya. Ia terus belajar agama dengan Kiyai H. Bai rivai dan Bahudin yang merupakan ulama terhosor di daerahnya. Ia juga sering bertemu dengan Camat Muncang Sukmajaya dalam pengajian di masjid. Ketaatannya mengikuti pengajian tersebut melahirkan amanah dari jamaah dan memberikan kepercayaan baginya untuk menjadi Ketua Pengajian di Kecamatan Muncang.

Giat mengembangkan ajaran Islam terus mengema di daerahnya. Pembangunan tempat ibadah pun dilakukan dengan cara bergotongroyong. Keinginan masyarakat untuk membangun masjid di Desa Ciminyak, Kecamatan Muncang, dapat diwujudkan dengan cara mengumpulkan dana dari berbagai pihak donatur. Nah, sebelum dilakukan pembangunan masjid, Gaos kembali diberikan amanah untuk menjadi Ketua Pembangunan masjid yang  diperkirakan menelan biaya Rp. 5 Miliyar.

Saat ini proses pembangunan masjid tersebut sedang berjalan dan diperkirakan sudah mencapai 75 persen bangunan berdiri dengan megah. Bangunan masjid itu  yang hampir rampung itu telah menghabiskan dana sebesar Rp.2 Miliyar. Dibawah kepemimpin H.Gaos, masjid itu bisa dibangun dengan megah. Beber Wisnu Bendahara Pembangunan masjid.

Sementara menurut penilaian Kiyai Dadi Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda, sosok H.Gaos memang membawa kemajuan dalam perkembangan ajaran islam di Kabupaten Lebak khusunya di Kecamatan Muncang. Padahal masyarakat sosok H.Gaos diketahui dahulunya sebagai pimpinan kumpulan orang yang keras (Preman), atau kepala geng preman yang sekarang sudah mendapat hidayah dan insyaf dengan tidak lagi mengulangi perbuatan yang masa lampau. Kehadiran H.Gaos dalam pengajian – pengajian dapat menimbulkan mengunggah hati orang-orang yang belum bergabung di dalam pengajian.

Saat ini H.Gaos terlihat disiplin dalam menjalankan ibadah solat wajid dan sunnah. Ia tidak lagi ingin meninggalkan ibadah solat wajib dan ibadah lainnya. Menurut pengakuan beliau, ia sering mengeluarkan air mata tanpa disadarinya. Air mata mengalir dikala menunaikan ibadah solat wajib. Alhamdulillah H.Gaos telah bersungguh-sungguh bertaqwa kepada Allah SWT.(Asep)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *