Melihat Perjalanan 100 Hari Kerja Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan (Catatan Zuhari Pemimpin Redaksi Media Online Sinarsergai.com)

Tidak terasa sudah 100 hari kerja yang dijalankan oleh Bupati Kabupaten Serdang Bedagai H.Darma Wijaya dan Wakil Bupati H.Adlin Umar Yusri Tambunan ST,MSP. Keduanya diketahui secara resmi baru memulai kerja pada Senin (1/3/2021), setelah berakhirnya masa jabatan Pelaksana harian (Plh) Bupati Sergai yang diamanahkan kepada Sekdakab Sergai HM.Faisal Hasrimy AP,MAP dan pada hari yang sama tersebut sekaligus digelarnya serah terima jabatan di Gedung DPRD Sergai tepatnya di Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah,Sergai.

Dengan berakhirnya masa jabatan Plh Bupati Sergai, maka secara otomatis tongkat kepemimpinan dipegang oleh Darma Wijaya dan Adlin Tambunan (Dambaan). Memulai awal kerja, kedua pemimpin tersebut sudah menargetkan bahwa dalam 100 hari kerja akan mewujudkan janji kampanye yang disampaikan terhadap masyarakat daerah ini sebelum terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sergai pada Pilkada 2020 yang lalu. Untuk mewujudkan janji tersebut Bupati dan Wakil Bupati Sergai terus bekerja dari pagi hingga  malam hari seperti tidak mengenal lelah demi masyarakat yang dicintainya.

Janji kampanye tersebut diwujudkan melalui program-program yang “dilahirkan” sesuai dengan visi “Maju Terus“ (Mandiri,Sejahtera, Religius) dengan Misi. Seiring waktu, Bupati Sergai mengeluarkan kebijakan yang dituangkan dalam instruksi Bupati Sergai Nomor 18.3/451.1.2/1740 Tahun 2021 tertanggal 22 Maret 2021 tentang kewajiban membayar Zakat sebesar 2,5 persen bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dari gaji yang diterima.

(Sekdakab Sergai H. Faisal Hasrimy AP,MAP yang diberikan amanah sebagai Plh Bupati Sergai menyerahkan amanah tersebut kepada Darma Wijaya sebagai Bupati Sergai dan Wakil Bupati Sergai H.Adlin Tambunan, karena sudah habis masa jabatan Plh yang diemban disela-sela sidang paripurna,Senin (1/3/2021) di gedung DPRD Sergai.)

Nah, selanjutnya dalam 100 hari kerja itu juga muncul program “Peningkatan infrastruktur jalan. Program ini tentunya untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan bagusnya jalan maka biaya maupun beban transport yang selama ini besar dikeluarkan oleh pengusaha dikarenakan kondisi jalan rusak. Selain itu, infrastruktur yang bagus juga menjadi salah satu daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya di Sergai.

Sedangkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, telah dilahirkan aplikasi “Bakso Urat” (Buat Administrasi Kependudukan Secara Online untuk Rakyat). Nah, melalui aplikasi Bakso Urat tersebut, maka masyarakat tidak lagi harus antri dan menunggu lama hanya mengurus dokumen kependudukan, semua bisa diurus secara online dengan membuka aplikasi Bakso Urat tersebut dari rumah dan tidak harus datang lagi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sergai .

Tokoh Masyarakat Sergai H.Bahrum Abbas menilai perjalanan kinerja Bupati dan Wakil Bupati Sergai dalam 100 hari, tergolong sulit namun kenyataannya bisa dilalui dengan lancar dan sukses. Ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah untuk diwujudkan dalam situasi daerah dilanda Covid-19, disatu sisi Pemerintah Sergai harus fokus terhadap penanganganan Covid-19 dan satu sisi Pemkab Sergai dituntut untuk menjalankan program janji kampnaye yang sesuai anggaran yang tertampung dalam APBD tahun 2021. Sehingga harus kerja ekstra dan ditambah lagi ada pergeseran anggaran untuk penangganan Covid-19, maka secara otomatis dana tersebut menjadi berkurang begitu juga program yang mau dijalankan.

(Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy AP,MAP dan Ketua TP. PKK Sergai Hj.Rosmaidah Saragih Darma Wijaya melihat aplikasi Bakso Urat belum lama ini.)

Kondisi itu menjadi tantangan bagi pasangan Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan janji kampanye lewat program dengan dana serba terbatas. Bersyukur janji kampanye itu secara bertahap dapat diwujudkan. “Iotulah komitmen dari Darma Wijaya dan Adlin  Umar Yusri Tambunan, keduanya tidak hanya pandai berucap namun ucapan tersebut menjadi hutang bagi keduanya yang harus dilunasinya ketika sudah duduk dikursi nomor satu dan dua di Pemerintahan Kabupaten Sergai. Sebagai masyarakat kita harus bangga memiliki sosok pemimpin seperti Dambaan.Ungkap H. Bahrum Abbas.

Nah, melihat kebijakan terkait untuk membayar zakat, ini sungguh terobosan program yang sangat baik dan menyentuh religiusnya. Tidak disangka, dimasa kepemimpinan Dambaan ini dapat diwujudkan maksimal pembayaran zakat penghasilan bagi ASN. “Sungguh pencapaian kinerja yang cukup baik.Sungguh luar biasa. Mari kita dukung dan kawal program Bupati dan Wakil Bupati Sergai dalam menjalankan roda pemerintahan dalam mewujudkan Visi misi kabupaten ini.

(Bupati Sergai H.Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Tambunan dan Ketua TP.PKK Sergai Hj.Rosmaidah Saragih Darma Wijaya menghadiri acara peresmian pembangunan jalan yang dirangkai dengan syukuran pelaksanaan program 100 Hari kepemimpinannya di Dusun II, Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (03/06/2021)

“Perubahan dikoar-koarkan selama ini dalam kampanye kata Bahrum Abbas, sudah kelihatan wujudnya, baik dalam pelayanan maupun dari infrastrukturnya. Meski dalam perwujudannya dilakukan secara bertahap, tapi nyata.” Terlihat kepiawaian Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan dalam menjalankan roda pemerintahan bersama anggota DPRD Sergai yang bersinergi dengan instansi penegak hukum dalam hal ini turut melaksanakan pengasawan dalam penggunaan anggaran sehingga tidak menyalahi aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan Propinsi.********

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *