Mendagri Kukuhkan Bupati Sergai Sebagai Koordinator APKASI Sumut

Bali,Sinarsergai.com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavan secara resmi kukuhkan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya sebagai Koordinator Wilayah Sumatera Utara Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk masa bhakti 2021-2026, di Pecatu Ballroom, BNDCC, Nusa Dua Bali Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot MW/01, Nusa Dua Bali, Sabtu (19/06/2021).

Pengukuhan tersebut dirangkai dengan rapat koordinas nasional (rakornas) dan sebelumnya APKASI telah melakukan Musyawarah Nasional (Munas) ke-V di Jakarta pada 26 Mei 2021. Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan terpilih sebagai Ketua umum APKASI periode 2021-2026.

Diungkapkan Bupati Sergai Darma Wijaya bahwa pengukuhan ini dihadiri oleh Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Keuangan dan Menteri Koperasi dan UKM.

“Tentunya ini merupakan suatu kehormatan bagi saya yang diberi amanah sebagai Koordinator Wilayah Sumut. Kedepannya saya berharap APKASI dapat memiliki peran untuk menjembatani aspirasi dan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” ucap Darma Wijaya yang akrab disapa Wiwik.

Kegiatan pengukuhan itu mengambil tema “Tantangan dan Harapan Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Covid-19”. Tema tersebut kata Darma Wijaya, sangat relevan dengan situasi saat ini dimana seluruh daerah sedang berjibaku menuntaskan Covid-19.

“ Sementara Mendagri dalam kesempatan tersebut ungkap Wiwik, mengutarakan jika pembangunan ekonomi daerah dapat terwujud ketika mampu mengendalikan pandemi Covid-19 yang merupakan pandemi global. Kemendagri sebagai pelayan pemerintah daerah akan terus memonitor dan memberikan evaluasi terhadap daerah-daerah,” terangnya.

Sementara itu, masih kata Bupati, dalam acara ini Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, juga menuturkan kondisi ekonomi di Indonesia terbilang masih dalam batas aman dan akan terus tumbuh. Kendati kasus aktif Covid-19 kembali meningkat, penularan masih dalam tahapan bisa dikendalikan dan dua minggu ke depan agar pergerakan masyarakat dan kegiatan ekonomi bisa kembali berjalan.Imbuh Bupati Darma Wijaya.

“Di kesempatan yang sama juga tadi Pak Menko Luhut menambahkan bahwa kini upaya pemulihan ekonomi dan reformasi harus dilakukan secepat mungkin. Pemerintah menyiapkan sejumlah upaya untuk mendorong hal tersebut,” ucapnya.

Nah, terkait Bali dipilih sebagai lokasi kegiatan ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang tujuannya sebagai langkah untuk pemulihan ekonomi Pulau Dewata. Kita berharap, Indonesia secara umum dan terkhusus Kabupaten Sergai juga dapat segera menuntaskan berbagai tantangan yang ada dan lewat sinergitas, sesuai visi Sergai yang Maju Terus : Mandiri, Sejahtera dan Religius bisa terwujud,” tandasnya.

Selain Bupati Sergai Darma Wijaya yang dikukuhkan, Mendagri Tito Karnavian juga Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E sebagai Ketua Umum APKASI untuk masa bhakti 2021-2026.(R-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *