Jangan Lewatkan Keindahan Pasir Putih Pantai Merdeka Bagai Butiran Berlian

Tanjung Beringin,Sinarsergai.com – Pantai Meredeka diketahui salah satu objek wisata yang ada di Desa Bagan Kuala,Kecamatan Tanjung Beringin,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) yang memiliki keindahan tersendiri,teruma pasirnya bagaikan Butiran Berlian yang berserakan di bibir Pantai dengan mengeluarkan cahaya disaat cuaca panas. Keindahan dan Pemandangan tersebut sangat dinikamti oleh semua pengunjung yang berlibur disana.

Namun, Pasir Putih bak Mutiara yang menjadi banggaan tersebut kini hampir punah “Disapu Ombak” laut setiap saat, akibat tidak adanya pemeliharaan terhadap objek wisata Pantai Merdeka. Keindahan Pasir Putih dan hewan laut yang berenang dibibir pantai tersebut tidak terlihat sekrang ini. Pemandangan itu hanya dapat dinikmati pada tahun 1990 hingga sampai 2000 saja, sebelum terjadinya abrasi Pantai Merdeka besar-besaran.

“Setiap hari libur nasional dan libur kerja, diperkirakan masyarakat yang mengunjungi Pantai Merdeka baik menggunakan Kapal motor dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dusun I Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tanjung Beringin dan kendaraan roda hingga roda Empat diperkirakan mencapai 500 orang silih berganti dari pagi hingga sore hari. Konon lagi saat itu Pohon Manggrove masih berdiri dengan kokoh dan ditambah lagi setiap orang masuk ke lokasi itu tanpa ada bayaran alias gratis.”

Keindahan Pantai Merdeka itu dapat dikembalikan lagi kata tokoh masyarakat Desa Bagan Kuala Sofyan Majid,Selasa (2/11/2021), apabila dikelola dengan baik dan dilakukan perawatan. Objek wisata ini diyakini mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pendapatan Desa. Selain menghasilkan PAD, Pantai Merdeka dikelola kembali dengan menonjolkan kearifan local, maka objek wisata ini akan membuka lowongan kerja barui bagi warga sekirtar dan mampu menongkrak perekonomian masyarakat Desa Bagan Kuala.

Dalam pengelolaan objek wisata ini sebut Sofyan, dibutuhkan kekompakan masyarakat untuk membangun desa dengan menjaga kebersihan,keamanan dan tanamkan kecintaan terhadap lingkungan. Nah, dengan demikian maka objek wisata yang sekarang ini minim pengunjung diyakini kembali akan ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah.

“Meningkatkan perekonomian masyarakat harus secara bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sergai dan dessa.Jika tidak sekarang kapan lagi, jangan biarkan objek wisata yang menyimpan”Berlian” ini hilang disapu ombak laut. Nanti hanya tinggal kenangan sejarah dan penyesalan saja.Ayo kita kelola kembali objek wisata Pantai Merdeka menjadi Pantai yang ramah lingkungan, menarik dan nyaman bagi semua pengunjung. Utamakan sopan santun dalam melayani semua pengunjung, mari bersama kita jaga keamanan para pengunjung. Ungkap Sofyan.(Sb-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *