Dit Pol Air Poldasu Gagalkan Upaya Penyelundupan TKI

By Administrator Feb 11, 2022

Medan, Sinarsergai.com-Kapal Patroli (KP) II 2004 Pol Air Poldasu berhasil mengagalkan upaya penyelundupan manusia (TKI) yang diduga akan dibawa ke Malaysia di perairan Kwala Bagan Asahan dengan mengamankan tiga tersangka, Minggu akhir Januari 2022 lalu.

Ketiga tersangka masing-masing berinisial JM (40) warga Dusun III Sei Kepayang Asahan, Her (44) warga Jalan Permai Tanjungbalai, Sumut serta LI (35) warga Sei Kepayang Asahan, Sumut.

Direktur Pol Air Poldasu Kombes Pol Toni Ariadi, dalam siaran relies yang diterima Jumat (11/2/2022) pagi, menyebutkan, upaya penggagalan itu berawal dari patrol kapal KP II 2004 yang dikomandani Aipda Ngatno SH MH yang saat itu melakukan patroli di perairan Asahan.

Pada posisi 03° 03′ 595″ E dan 99° 51′ 576″ N atau sekitar perairan Kwala Bagan Asahan, Sumut, kapal patroli polisi KP II 2004 melihat satu unit kapal yang mencurigakan.

Akhirnya petugas menghadang sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang belakangan diketahui tanpa nama serta bermesin Mitsubishi 4 silinder

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kapal tersebut tidak memiliki dokumen yang sah untuk melakukan pelayaran. Tidak hanya itu rupanya di dalam kapal ditemukan pula tiga orang TKI yang diduga akan diselundupkan ke Malaysia

Karena melakukan pelayaran di luar prosedur, kapal tersebut akhirnya digiring ke Mako Pol Air guna dilakukan pengembangan dan pemeriksaan lebih lanjut. (mar)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *