Soal Pernyataan dr. Salomo “Wartawan Sergai Semua Bisa Dibayar”, Ketua IWO Sergai : Itu Sudah Penghinaan Terhadap Profesi

By Administrator Feb 21, 2022

Sergai,Sinarsergai.com – Pernyataan maupun statemen yang disampaikan oleh salah satu dokter yang bertugas di RSUD Sultan Sulaiman dr. Salomo Fajar Siahaan Sp.pk dengan mengatakan bahwa “Wartawan Sergai Semua Bisa Dibayar” lewat media online, itu jelas telah melukai perasaan wartawan yang ditugaskan Pemimpin Redaksi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Perkataannya itu sangat menghina profesi wartawan.” Hal ini ditegaskan oleh Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sergai Zuhari didampingi Sekretaris Sutrisno dan Bendahara Yusnar Al Banjari, Senin (21/2/2022).

Dia minta dr Salomo tidak bersikap sebagai hakim dan melecehkan profesi wartawan tanpa ada bukti yang jelas. Masalah ini bisa kita bawa ke ranah hukum apabila tidak etikad baik untuk meminta maaf kepada rekan wartawan di Sergai. Selain disampaikan permintaan maaf via media online maupun surat kabar, dr. Salomo juga diminta menyampaikan permohonan maaf langsung kepada wartawan Sergai yang telah dituduhkannya, sehingga melukai hati wartawan yang selama ini tidak pernah mengusik profesinya maupun kehidupan keluarganya.

“Kita sangat menyayangkan statemen seorang dokter yang terkesan Asbun (Asal bunyi), tanpa menjelaskan wartawan mana yang bisa dibayar dalam konteks apa,”.

Menurut Zuhari, pernyataan dr. Salomo ini jelas menyinggung perasaan wartawan di seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Sergai. Sebab, beliau yang ke seharian bekerja sebagai dokter, semestinya bijak dalam memberikan komentar dan tanggapan, jangan menimbulkan ketersingungan terhadap profesi wartawan.

“Kita berharap beliau dapat menarik statemennya dan meminta maaf kepada wartawan baik secara langsung dan via media massa, baik itu surat kabar maupun media online,”kata Ketua IWO.

Selain itu, lanjut Zuhari, kita sarankan beliau untuk tidak mengulangi perbuatannya yang Asal bunyi saja. Bicara lah sesuai fakta sebagaimana beliau menjalankan tugasnya sebagai Dokter. Dokter maupun tim medis itu kan kalau ingin tahu penyakit pasien tentunya diperiksa dengan keilmuan yang dimilikinya dan mempergunakan alat medis, baru dokter memberi tahu maupun membeberkan penyakit pasien sesuai hasil pemeriksaan bukan hasil hayalan dan lamunan. Nah, kita berharap beliau tidak menyudutkan profesi wartawan dan menghakimi wartawan tanpa bisa memberikan bukti yang jelas.

“Pernyataan beliau itu sudah termasuk dalam kategori penghinaan dan pelecehan terhadap profesi wartawan. Jika dr. Salomo tidak meminta maaf, bisa saja wartawan yang bertugas di berbagai Kabupaten/kota di Indonesia membawa masalah ini ke ranah hukum.,”tutupnya.

Terpisah, ketika dikonfirmasi seorang tenaga medis di RSUD Sultan Sulaiman, dr Salomo Fajar Siahaan kepada wartawan mengatakan bahwa ia bukan menyinggung seluruh wartawan tapi oknumnya.

“Saya minta maaf, bahwa itu bukan menyinggung profesi wartawan tapi oknumnya,”ujarnya.(R-03)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *