Dua Ekor Lembu Lompat Saat Ingin Disembelih, Begini Cara Bupati Sergai Jinakan

By Administrator Apr 30, 2022

Sergai,Sinarsergai.com – Penyembelihan dua ekor Lembu di Dusun IV Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), berlangsung seru. Pasalnya, hewan itu saat ingin disembelih melompat-lompat sembari keluarkan tenaga sekuat-kuatnya sehingga berakibat satu Bambu sebagai tiang penyangga berdiri disekitar mengalami patah.

Kejadian itu langsung mengundang warga yang berada di lokasi untuk turut membantu, namun belum membuahkan hasil. Tapi berselang 10 menit Bupati Sergai Darma Wijaya datang memberikan arahan kepada warga yang bertugas menyembelih agar mengikat hewan itu lagi, maka proses penyembelihan bisa dilanjutkan kembali dengan lancar dan sukses.

Hasil pentauan di lapangan diketahui seekor Lembu berbadan besar yang lompatdan diperkirakan memiliki berat mencapai 450 Kg dengan berat daging bersih diperkirakan 200 kg. Sedangkan yang satu ekor lagi berukuran 300 Kg dengan berat daging diperkirakan mencapai 180 kg bersih.

Asisten II Pemkab Sergai Drs. Nasrul Aziz Siregar disela-sela mendampingi Bupati Sergai menyaksikan penyembelihan, Sabtu ( 30/4/2022) sekira pukul 00.46 WIB, mengatakan, Lembu yang disembelih secara keseluruhan berjumlah 100 ekor dengan berat diperkirakan mencapai 17.908 ton, sementara berat daging bersih 6.625 Kg. Penyembelihan Lembu semuanya telah tersebar di 17 kecamatan. Jelas Nasrul Aziz.

“Lembu yang disembelih dijual oleh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ke masyarakat dengan harga subsidi perkilogram Rp.120 ribu.Setiap warga hanya diberi jatah 1 kg, tidak boleh. Ketentuan ini bertujuan agar warga yang lain bisa menikmati subsidi ini.”

Diharapkan dengan pola subsidi ini masyarakat terbantu. Selanjutnya, ini juga merupakan perbuatan beramal. Subsidi tersebut bertujuan juga untuk menstabilkan harga daging di pasar-pasar tradisonal dan pajak-pajak menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 H. Selain itu Ucap Bupati, ini juga latihan bagi ASN untuk kewirausahaan.

Turut menyaksikan penyembelihan dua ekor Lembu, Asisten I Nina Deliana S.Sos bersama suami Makruf Siregar, Kadis Pendidikan Sergai Suwanto Nasution S.Pd, Kadis Sosial Sergai Arianto S.Pd, Camat Sei Rampah Suhendra Damanik, Kades Bagan Kuala Safril, Kades Nagur Ruslan yang akrab disapa Buyung. (Red)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *