Kerjasama Antar Daerah Akan Ditindaklanjuti,Ketua Umum APKASI Ucapkan Terimakasih

By Administrator Mei 19, 2022

Sergai,Sinarsergai.com –Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berlangsung sukses. Rapat dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Drs.H.Mhd.Fitriyus SH,M.SP berlangsung dengan sederhana di Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), dengan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes), mempergunakan masker dan pemeriksaan suhu tubuh terhadap semua peserta dan undangan (Sergai) pada Kamis (19/5/2022).

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE yang juga Bupati Dharmasraya (Sumbar) memberikan apresiasi cukup tinggi kepada Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang menjadi tuan rumah dan telah mengumpulkan 25 Bupati se-Sumut. Hasil Rakorwil ini akan menjadi pokok fikiran dan disampaikan kepada Presiden RI Jokowi nantinya.

Nah, sesuai dengan arahan dari Presiden, kita akan melakukan Penguatan perdagangan antar daerah menyangkut dengan produk unggulan dari Sumut, Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Jawa dan Provinsi Kalimantan se Indonesia. Rakor ini merupakan ajang silaturahmi sesama pengurus. Dan melalui program ini para kepala daerah akan lebih bergairah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pasca pandemi Covid-19 ini membuat kita sebagai kepala daerah untuk lebih berinovasi bagaimana menguatkan ekonomi lebih baik lagi.

Hal ini disampaikan Ketua Umum APKASI Sutan didampingi Sekjen APKASI yang juga Bupati Gowa (Sulawesi Selatan) Adnan Purichta Ichsan, SH,M.H Wakil Sekjen yang juga Bupati Sijunjung (Sumbar) Benny Dwifa Yuswir S.STP,M.Si, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE,MM, para Bupati se Sumut, Ketua TP.PKK Sergai Hj.Rosmaida Saragih, Kapolres Sergai, Kajari Sergai, Sekdakab Sergai HM.Faisal Hasrimy,AP,M.AP.

Kordinator Wilayah Sumut Dewan Pengurus APKASI yang juga Bupati Sergai H.Darma Wijaya menjelaskan bahwa kerjasama yang sudah disepakati oleh para Bupati tentunya akan ditindaklanjuti ke depan. Kerjasama saling menguntung ini bisa dilaksanakan seperti Kabupaten Sergai dengan Kabupaten Tapanuli Selatan, contohnya Tapsel membutuhkan daging Sapi, maka Sergai yang memiliki banyak ternak Sapi akan mengirimkannya.  Begitu juga Kabupaten Tanah Karo yang membutuhkan pupuk ternak Ayam. Nah, di Sergai ternak ayam juga banyak, jadi bisa mengirimkan kotoran ternak ayam yang dibutuhkan untuk diolah menjadi pupuk.

“Dibidang Pertanian, Sergai merupakan nomor 2 di Sumut swasembada beras, maka nanti daerah yang membutuhkan beras akan kita kirimkan. Kerjasama ini bukan seremonial, tentunya saling menguntungkan satu sama yang lainnya.” Sedangkan dibidang Pariwisata, kita juga akan melakukan kerjasama dengan daerah yang lain. Kerjasama ini diharapkan dapat terus berlanjut yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Ucap Darma Wijaya.(red)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *