Gubsu Terharu dan Bangga Memeluk Pejuang Pelaku Sejarah

By Administrator Agu 14, 2022

Medan,Sinarsergai.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merasa bangga kepada para pejuang dan veteran yang masih tetap semangat untuk mencintai NKRI, tidak mudah menyerah untuk berbakti pada bangsa ini meski usianya sudah sangat sepuh.

“Saya bangga melihat ayah-ayah saya ini yang tetap bahagia dan jiwa nasionalismenya yang kuat,” ujar Edy Rahmayadi sambil menyalami dan merangkul kedua pejuang dan veteran ini di sela acara ramah tamah dengan pejuang, veteran, DHD 45 Sumut menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Aula T Rizal Nurdin, Jumat (12 /8/2022).

Kedua veteran dan pejuang tersebut dipeluk Gubsu yaitu M Sinuraya (105 tahun) mantan pejuang veteran perang Medan Area dan H Muhammad TWH (91 tahun) veteran, mantan wartawan 3 zaman dan dikenal juga penulis sejarah perjuangan pers di Sumut. Tampak kedua veteran ini bahagia ketika dihampiri dan dirangkul Gubsu.

Kepada para pejuang Gubsu menyatakan generasi pendahulu telah menorehkan sejarah (legecy) kepada generasi penurus berupa kemerdekaan, kedaulatan dan persatuan. Mereka dulu berjuang kepada musuh yang sama (Belanda) dan tujuan yang sama yakni kemerdekaan Indonesia.
Kini generasi penerus yang berganti rezim demi rezim berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, keamanan dan kesejahteraan.

Gubsu mengakui belum semua harapan dari generasi pendahulu bisa diwujudkan. “Saya salah satu pelaku penerus hari ini meminta maaf,” ujar mantan Pangkostrad ini seraya menyatakan akan berikhtiar untuk memenuhi janji dan cita cita kemerdekaan itu menjadi karya nyata.

Sambil berseloroh mantan Pangkostrad ini menyatakan kalau dulu musuhnya nyata, kini musuh itu tidak nyata, liar, tidak membawa bedil, tapi cara mereka tampak seperti manghasut, menjelek-jelekkan dan mengembangkan rasa saling curiga.

“Musuh-musuh ini yang harus kita hempang dengan persatuan,” ujar Edy disambut tepuk tangan riuh. Menurutnya, kita harus mendukung setiap upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saya sedapat mungkin akan menjalankan amanah rakyat Sumut dengan sebaiknya dan tidak akan pernah mundur untuk berbuat demi kepentingan rakyat seperti pembangunan jalan, kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat dan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat,” ujarnya.

Ramah tamah itu semakin syahdu ketika Gubsu melantunkan lagu Indonesia Pusaka dan Tuhan yang memberikan rasa hening dan aplus dari para pejuang dan veteran.

Ikhlas untuk rakyat

Sementara itu salah seorang mantan jurnalis 3 zaman dan veteran pejuang H Muhammad TWH (91tahun) menyatakan Edy Rahmayadi dinilainya ikhlas untuk membangun Sumut ini. Beliau sangat mengenal Sumut dan dia yakin bisa sukses membangun masyarakat ini. “Saya doakan beliau tetap sehat dan tetap tegar dari segala kritikan,” ujar veteran pejuang ini penuh keyakinan.(ril/R-04)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *