Direktur ELCA Asia Pasific Sambangi RS HKBP Balige, Doakan Kesembuhan Pasien

By Administrator Sep 25, 2022

Balige, Sinarsergai.com – Direktur Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) untuk Asia Pasifik Rev. Yoshitaka Franklin Ishida pada hari Sabtu (34/09/2022) melakukan kunjungan ke rumah Sakit HKBP Balige dan sekaligus menyambangi kantor HKBP Aids Ministry (HAM) di tempat yang sama.

Rev. Yoshitaka Franklin Ishida didampingi Rev. Jessica Desire yang juga  Pendeta dari UCC sekitar  pukul 12.00 wib terlihat melakukan dialog terkait  pelayanan pencegahan dan pengendalian HIV di wilayah itu.

Ishida merupakan Direktur untuk Asia dan Pasifik di Unit Misi Global Gereja Lutheran Injili di Amerika. 

Dia sering terlibat dengan gereja-gereja dan lembaga-lembaga di seluruh Asia dan Australia, mengawasi pekerjaan misionaris, dan mengunjungi proyek-proyek pembangunan.

ELCA kerap berhubungan dengan gereja, lembaga teologi, lembaga, dan LSM di 19 negara Asia, sebagaimana dalam siaran pers Yayasan Kesehatan  HKBP di Balige, minggu (25/09/2022).

Sementara itu Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP yaitu Plt. Sekretris Yayasan dr. Bonar Sinaga. SpOG, Bendahara  Nursinta Sinambela dan  Dr. Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng  didampingi Direktur RS HKBP Balige dr Benny Sinaga SpB  terlihat antusias menerima kunjungan utusan dari ELCA dan UCC.

Tampak juga hadir Kabiro Oikumene HKBP Pdt Mika br Purba beserta Ketua dan staf HKBP Aids Ministry (HAM).

Pada sesi dialog di Kantor Yayasan Kesehatan HKBP Balige, Ketua HAM dr. Tihar Hasibuan, MARS, meminta agar RSU HKBP Balige  mempersiapkan ruang operasi khusus untuk ibu yang akan melahirkan dan  terinfeksi HIV maupun Hepatitis.

“Selama ini selalu merujuk ke rumah sakit  Tarutung ataupun ke Medan. Mohon difasilitasi disini,” pinta dr Tihar.

Direktur Rumah Sakit HKBP Balige dr. Benni Sinaga, Sp.B menegaskan ruang operasi khusus untuk ibu yang terinfeksi HIV telah siap beroperasi.

“RSU HKBP Balige sudah menambah jumlah ruangan kamar bedah, yang dulunya hanya 1 kamar tapi saat ini sudah 3 kamar.  Kedepannya kita siap tangani penanganan penyakit infeksius ,” jelas dr Benny.

Genjot

Sementara itu Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP dalam kesempatan tersebut menerangkan capaian  program dan hasil kinerja selama bertugas 1  tahun 6 bulan. 

“Kita sedang genjot pembangunan secara fisik, infrastrukur dan segera mengembangkan SDM,” jelas Plt Sekretaris Yakes  dr Bonar Sinaga SpOG dan Nursinta Sinambela.

Masih dalam siaran pers tersebut, Sanco mengatakan kedepan kita sangat harapkan adanya dukungan putra putri Batak dan semua pihak membangkitkan kembali kejayaan Rumah Sakit yang telah berusia 104 tahun ini. 

Disela sela kunjungan Rev. Jessica Desire mengungkapkan pihaknya berupaya menggalang dukungan dan bantuan  terhadap kemajuan rumah sakit HKBP.

Ia dan  rombongan meninjau  sejumlah ruangan dan Rev. Jessica Desire berkesempatan mendoakan pasien yang sedang dirawat di ruang ICU. (Ach)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *