Sahuti Aspirasi Ratusan Buruh, Pemkab Sergai Akan Gelar Pasar Murah

By Administrator Sep 26, 2022

SERGAI,Sinarsergai.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), akan menyelenggarakan Pasar Murah dalam waktu dekat ini. Hal itu akan dilaksanakan menyahuti aspirasi ratusan buruh yang disampaikan saat menggelar aksi unjukrasa dengan damai di Halaman Kantor Bupati Sergai,Senin (26/9/2022).

Sementara soal kenaikan upah, pihak Pemkab Sergai akan memanggil berbagai pihak dan merapatkannya. Hasil rapat tersebut akan disampaikan ke Pemerintah Pusat dan Propinsi Sumut. Ujar Wakil Bupati Sergai H.Adlin Umar Yusri Tambunan, ST didampingi Sekdakab Sergai HM.Faisal Hasrimy, AP, M.AP dihadapan ratusan buruh.

Sedangkan ratusan buruh yang unjukrasa damai terdiri dari Serikat Buruh Sejahtera Seluruh Indonesia (SBSI)1992, Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPPP-SPSI), Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI KSPI), Perhimpunan Buruh Perkebunan Independen (PERBUNI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Organisasi Serikat Pekerja Kayu Karya Mandiri (OSPKKM), menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Selain itu buruh meminta turunkan kembali harga BBM bersubsidi, cabut dan batalkan UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020, hapuskan sistem buruh kontrak dan outsourcing, turunkan harga-harga kebutuhan pokok, naikkan upah Serdang Bedagai 15 persen dan buat pasar murah untuk buruh dan pekerja Serdang Bedagai. Aspirasi ini disampaikan Agan Surya Tanjung didampingi Gober Hermanto dan M. Lui Nasution.

Selanjutnya, ratusan buruh meminta naikan upah yang sudah selama 3 tahun tidak mengalami kenaikan. Dampak dari kenaikan harga BBM, banyak buruh yang memenuhi kebutuhan dengan cara berhutang kesana kemari. Untuk bisa terus bertahan hidup khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai, maka buruh menuntut kenaikan upah di Kabupaten Serdang Bedagai,” ucap Agan dengan pengeras suara dibawah terik panasnya Matahari.

Turut hadir Kapolres Sergai AKBP.Dr.Ali Machfud SIK, Asisten II Sergai Drs. Aziz Siregar, Kadis Nakerkop-UMKM Sergai Drs. Fajar Simbolon, M.SI. Aksi unjukrasa rasa damai ini dikawal oleh Polres Sergai dan Satpol PP Sergai. Usai di Kantor Bupati Sergai, ratsuan buruh menggelar aksi di Kantor DPRD Sergai.(R-04)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *