Sergai Sebagai Lumbung Padi, Wamen Pertanian RI : Sektor Pertanian Harus Terus Didongkrak

By Administrator Sep 28, 2022

SERGAI,Sinarsergai.com – Wakil Menteri (Wamen) Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi bersama Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, melaksanakan panen padi bersama di Desa Gempolan, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut), Rabu (28/9/2022).

Kegiatan panen padi ini di sela-sela Kunjungan ke Kabupaten Sergai yang merupakan salah satu daerah Lumbung Padi di Sumut.

Dikatakan Bupati, kunjungan Wamen ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat terhadap perkembangan di daerah.
“Kecamatan Sei Bamban merupakan daerah dengan luas sawah terbesar di Sergai yaitu mencapai 5.000 hektare. Sedangkan secara keseluruhan, Sergai memiliki 31.284 hektare yang menjadi lahan pertanian padi.

Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung beras di Provinsi Sumut. Menurut angka Statistik pertanian tahun 2021, produksi gabah padi yang dicapai sebesar 363.623 ton atau setara dengan 230.000 ton beras. Dalam masa pendemi covid-19, hampir seluruh sektor perekonomian mengalami penurunan. Hanya sektor pertanian yang terbukti tetap mencapai pertumbuhan positif. Hal ini menunjukkan sektor pertanian dapat berperan ganda yaitu sebagai penjaga stabilitas nasional sekaligus sebagai penopang pertumbuhan perekonomian,” ungkap Bupati.

Disebutkan Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, tujuan utama berkunjung di Sergai adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat dan menjalin dialog dalam meningkatkan kualitas pertanian nasional.
Salah satu aspek yang didengar adalah situasi distribusi pupuk yang masih belum baik. Menurutnya, 30% keluhan petani soal sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.
“Permasalahan ini akan kami segera tindaklanjuti. Salah satunya dengan meninjau Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Regulasi bisa kita perbaiki, jika ada masukan dan permintaan dari masyarakat,” ucap Wamen Pertanian.

Menurut penilaiannya, Sergai memiliki potensi Pertanian sudah cukup baik. Tapi harus tetap didongkrak sehingga menghasilkan lebih baik lagi ke depan.

Dikesempatan yang sama, Wamen Pertanian meresmikan Taman Toga Kabupaten Sergai dan Taman Toga (Tanaman Obat Keluarga) yang terletak di sebelah Masjid Agung Sergai, Sei Rampah.
Harvick memberi apresiasi tinggi atas inisiatif TP-PKK Kabupaten Sergai yang menginisiasi berdirinya Taman Toga.(R-03/R-04)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *