Organisasi Sayap PDI Perjuangan Gelar Perlombaan Bagi Kaum Muda dan Masyarakat Umum

Medan, Sinarsergai.com – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan hari Pahlawan Sayap Organisasi PDI Perjuangan Sumatera Utara menggelar perlombaan kearifan budaya lokal dan teknologi untuk kalangan muda dan masyarakat umum. Adapun kegiatan ini akan berlangsung mulai dari tgl 13 November 2022 hingga 4 Desember 2022.

Kegiatan bertajuk SoooR Banteng (Sayap Organisasi Banteng) ini dilaksanakan dalam 10 seri yang berlangsung pada 10 titik di Sumatera Utara dan Puncak dari kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di Medan pada tanggal 3 – 4 Desember 2022.

Dalam keterangan persnya, Sabtu (12/11/22), bertempat di Warung O’monde, Jl. Abdullah Lubis No. 30,  Ketua Panitia SoooR Banteng, Hendra Gunawan mengatakan bahwa kegiatan ini atas inisiasi Wakil Ketua Bidang Pariwisata, Pemuda dan Olahraga DPD PDI Perjuangan Sumatra Utara, Yamitema Tirtajaya Laoly, SH, MH dan dilaksanakan secara bersama oleh 5 Sayap Organisasi Partai yakni Banteng Muda Indonesia (BMI), Relawan Pejuang Demokrasi (Repdem), Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Taruna Merah Putih (TMP), Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia (GNTI). 

Adapun salah satu kegiatan yang dipertandingkan dalam acara ini adalah pertandingan mobile legend. Khusus untuk kegiatan pertandingan mobile legend ini diperuntukkan bagi kalangan muda di Sumut karena seperti kita ketahui bahwa mobile legend ini merupakan kegiatan sudah sangat familiar bagi kalangan anak muda serta juga sudah masuk dlm kegiatan yg dipertandingkan dalam ajang kejuaraan PON dan Sea Games.

Selain pertandingan Mobile Legend kegiatan ini juga akan memperlombakan serangkaian kegiatan yang bertemakan nuansa kearifan lokal dengan melibatkan masyarakat umum sesuai dgn karakter kedaerahan di 10 titik masing2 lokasi kegiatan. Adapun pelaksaan acara Soor Banteng ini telah mendapat restu dan dukungan serta Apresiasi dari Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara Bapak Drs. Rapidin Simbolon, MM.

Dalam temu pers ini juga dihadiri oleh  Sekretaris Panitia : Ismail Marzuki, Bendahara Panitia : Sapitra, selain itu temu pers ini juga dihadiri oleh Ketua DPD Banteng Muda Indonesia Sumatera Utara, Franky Partogi Wijaya Sirait, B.Sc, Sekretaris DPD Banteng Muda Indonesia Sumatera Utara: Maruli M. Purba, SH, MH, Wakil Sekretaris DPD Banteng Muda Indonesia Sumatera Utara : Yusri Budi Darma, SE., Wakil ketua bidang Sosial, BMI Sumut Sri Wahyuni, SH., Biro Pariwisata DPD BMI Sumut Marshal Hutapea, serta Biro Perikanan dan Kelautan DPD BMI Sumut Lita Siregar, SH., MH. Dalam keterangan persnya Hendra Kaban selaku ketua panitia juga menjelaskan bahwa kegiatan dengan skala sebesar seperti ini baru pertama kali ini dilaksanakan di Sumatera Utara.

Menurut Hendra Kaban, Kegiatan ini selain bertujuan mempererat semangat persatuan sesama anak bangsa, serta mengembangkan potensi para kaum muda di Sumut serta mengajak anak-anak muda dan masyarakat umum agar tetap menjaga nilai-nilai budaya bernafaskan dengan nilai-nilai kearifan budaya lokal.

Ditambahkan oleh Bendahara Panitia Sapitra, SE.,  bahwa dgn dilaksanakannya kegiatan ini membuktikan PDI Perjuangan sangat dekat dengan kaum muda yang notabene merupakan pemilih pemula.

Selain itu dengan kegiatan ini juga membuktikan bahwa PDI Perjuangan konsisten akan tetap menjaga nilai2 kebudayaan daerah yang menjadi kepribadian bangsa. 

Melalui kegiatan ini, lanjut Sapitra mengatakan PDI Perjuangan mengingatkan dan mengajak masyarakat Sumut agar tetap menjaga nilai kebudayaannya dengan melestarikan potensi kearifan budaya lokal di wilayahnya masing masing, sehingga kearifan budaya lokal kita tetap terjaga dan tidak punah dimakan jaman. 

“Melalui kegiatan ini kita ingin tetap mengingatkan rakyat Sumut akan pesan bung Karno untuk tetap nilai-nilai yang berkepribadian dalam kebudayaan Sumut, ” ujar Pitra dengan tegas. 

Dilanjutkannnya, adapun kompetisi yang diperlombakan diantaranya Kompetisi Mobile Legend, Festival Dangdut, Tari Ronggeng Melayu, Stand Up Comedy, Musik Jalanan, Marhaban, Senam Sicita, Lissoteles, Vocal Grup Pelajar, Dance Competition, Musik Akustik,  Bazaar UMKM dan berbagai Kegiatan lainnya sebut Sapitra.

Nantinya perlombaan ini akan dilaksanakan dalam 10 seri, dimana Seri pertama yg menjadi ajang pembukaan acara ini akan dilaksanakan tgl 13 November 2022 di Sedang Bedagai dan seri terakhir sekaligus penutupan dari serangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 3 – 4 Desember 2022 yg direncanakan akan dihadiri oleh Ketua DPD PDI Perjuangan, dan Gubernur Sumatera Utara.(rel) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *