PBB Samosir Tanam Mangrove

By Administrator Nov 1, 2022

SAMOSIR ,Sinarsergai.com – Pemuda Batak Bersatu (PBB) melaksanakan penanaman 10 ribu bibit pohon di lokasi objek wisata Togaraja, Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Selasa (01/11/2022).

Penanaman bibit pohon itu dihadiri, Ketua Umum DPP PBB Lambok F Sihombing, Ketua PBB Samosir Roland Sitanggang, SH dan anggota PBB Samosir, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup Irjen. Pol. Drs. Jhonny Siahaan, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Kapolres Samosir, Dandim 0210 serta perwakilan anggota PBB dari berbagai daerah.

Ketua Umum PBB Samosir Lambok Sihombing mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal dan kesepakatan bersama untuk memulai dan menggalakkan mersipature huta nabe (membangun kampung masing masing-red) dalam konsep membangun kampung halaman, membangun negeri.

“Jadi kami minta seluruh tokoh tokoh orang batak dan khususnya yang bisa kami koordinir adalah Pemuda Batak Bersatu untuk beramai ramai kembali ke kampung halamannya untuk mrmbangun,” kata Lambok.

Menurutnya, dengan kembali dan membangun kampung halaman adalah wujud nyata dari membangun negeri.

“Inilah yang selalu akan coba kita kampanyekan khususnya di anggota kami yang bisa kami koordinir,” ungkap Lambok.

Dia menyebutkan, Pemuda Batak Bersatu hingga saat ini telah dibentuk sampai ke Pulau Nias. “Ada 4 Kabupaten di sana akan dibentuk,” katanya.

Lambok berharap, pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan PBB di Sumut dapat berkolaborasi dalam membangun negeri sebagai kecintaan kepada NKRI.

Di akhir tahun ini, tambah dia, PBB juga akan melaksanakan ulang tahun PBB yang ke-3, pada tanggal 27, 28 dan 29 Desember di Samosir dengan tajuk Gebyar Danau Toba 2022.

“Jadi, semua anggota Pemuda Batak Bersatu dari 28 provinsi yang sudah terbentuk dan 6 perwakilan luar negeri akan hadir di Samosir ini,” ungkapnya.

Kegiatan itu kata Lambok akan dibuat sebagai kegiatan Nasional karena ada pameran pameran potensi daerah yang akan diundang dari provinsi provinsi lain yang nantinya dibawakan oleh perwakilan perwakilan Pemuda Batak Bersatu baik dari Papua sampai ke Aceh.

“Jadi, kita hadirkan potensi daerah di Samosir, di Sumatera Utara ini,” kata Lambok disambut tepuk tangan para undangan.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup Irjen. Pol. Drs. Jhonny Siahaan mengapresiasi kegiatan penamanam bibit pohon yang dilaksanakan PBB dan meminta agar dapat dipertahankan.

Bantuan bibit pohon yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup kepada PBB, kata Jhonny dapat berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini kita harapkan juga kepada masyarakat, agar dapat nantinya dirawat. Jadi, jangan nanti kita bisa menaman tapi merawat kita tidak bisa,” ujar Jhonny.

Bibit pohon yang ditanam itu apabila dirawat kata perwira polisi lulusan Akpol 1988 ini, nanti hasilnya dapat mensejahterakan rakyat.

“Karena ini bibit pohon buah buahan, katakanlah nanti jika sudah menghasilkan bisa dijual. Jadi inilah nantinya yang bisa dikordinasikan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PB Kabupaten Samosir Roland Sitanggang mengatakan, penamanam pohon akbar ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan PBB untuk melestarikan alam.

“Karena alam itu merupakan warisan leluhur dan akan kita wariskan juga ke anak cucu kita kita, sehingga harus dijaga,” kata dia saat membuat lubang tanam di lokasi objek wisata Togaraja bersama para anggota PBB Samosir beberapa waktu lalu.

Roland juga menyampaikan terimakasih buat para undangan, serta seluruh stakeholder yang ikut membantu terlaksananya acara tersebut.

“Terimakasih juga kepada anggota PBB di Samosir atas kerjasama dan solidaritas yang dilakukan. Satu rasa, satu jiwa,” pungkasnya. (ril/KK)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *