Penyuluhan KB Keluarga Berencana oleh Muspika Peudawa

By Administrator Des 16, 2022

Aceh Timur, Sinarsergai.com – Muspika kecamatan peudawa laksanakan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Penyuluhan tersebut di gelar di Kantor Camat Peudawa, Adnan.S.ag selaku camat peudawa mengajak Masyarakat, tokoh masyarakat dan Kader Dukung Kesehatan Keluarga Berencana. 

Penyuluhan terkait Keluarga Berencana (KB) terus dilakukan guna mewujudkan keluarga Indonesia sehat, Kamis (15/12/2022), bertempat di aula kantor camat dilakukan penyuluhan KB Oleh penyuluh KB tingkat kecamatan bersama para bidan desa dan kepala desa sekecamatan peudawa.

Dengan tetap menjaga protokol kesehatan,  Adnan.S. ag mengungkapkan Kecamatan Peudawa dalam pembukaanya agar para Kepaladesa dan bidan Desa dapat memahami dan mengetahui apa yang akan disampaikan nanti oleh narasumber dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat dan kesehatan keluarga. 

Dirinya menambahkan, permasalahan KB bukan hanya menyangkut kelahiran dua anak saja. Namun meliputi aspek kesehatan dan kesejahteraan keluarga juga.

Sulaiman selaku Pemateri mengatakan penurunan angka kematian ibu (AKI) adalah salah satu tujuan dari keluarga berencana. Selain itu, perencanaan kehamilan sebagai ruang lingkup keluarga juga penting untuk mencegah terjadinya stunting.

“Untuk menyukseskan KB maka kuncinya adalah menghindari 4 terlalu,” katanya.Empat terlalu itu mencakup: terlalu muda untuk hamil, usia terlalu tua untuk hamil, jarak kehamilan terlalu dekat, dan hamil terlalu banyak/sering.

Pemateri berpesan bahwa KB bukan hanya soal kesehatan, tapi juga kesejahteraan dan kebaikan seluruh anggota keluarga.

Menurutnya, perencanaan anak dan perencanaan keuangan harus seimbang agar kelak anak yang dilahirkan dapat diasuh dengan baik. Salah satu caranya adalah melalui KB.

“Kalau kita punya anak, harus bisa mengasuh. Jangan sampai kita hanya bisa membuat anak tapi tidak mampu mengasuh anak kita. Maka jangan sampai terlalu banyak anak, kalau nanti tidak bisa merawatnya,” tutupnya.(Zainal Abidin Pjt) 

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *