Hindari Tindak Korupsi di Birokrasi Desa, Pemkab Sergai Gelar Pelatihan CMS

By Administrator Jan 30, 2023

SEI RAMPAH,Sinarsergai com –
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya membuka kegiatan pelatihan Cash Management System (CMS) yang diikuti oleh aparatur desa se-Kabupaten Sergai tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Senin (30/1/2023).

Dikatakan Bupati, sosialisasi CMS ini secara simpel dapat diartikan sebagai salah satu jenis pelayanan perbankan bagi nasabah instansi/korporasi non-perorangan.

Nah, melalui sistem CMS tersebut nasabah dapat melaksanakan pengelolaan keuangan secara mandiri dalam jaringan (online). Keunggulan ini, sebut Bupati, merupakan bentuk perkembangan teknologi yang mesti dipahami bersama dalam waktu segera agar dapat diimplementasikan.

Ia mengingatkan kepada seluruh aparatur desa agar memberi dukungan maksimal demi terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang tidak hanya transparan namun juga akuntabel. Hal ini, sebutnya lagi, akan semakin didukung lewat kebijakan transaksi non-tunai dalam pengelolaan keuangan desa.

Hal ini menindaklanjuti Pemkab Sergai yang telah menjalin kerja sama dengan PT. Bank Sumut lewat aplikasi CMS. “Lewat digitalisasi dalam pengelolaan keuangan desa, maka laporan keuangan dapat dibuat dengan transparan. Hal ini tentunya dapat meminimalisir tindak korupsi dalam birokrasi desa.

Dikatakan Bupati, memang proses peralihan ke arah digital bukan hal yang mudah. Namun kalau sudah dikuasai maka segala urusan akan berjalan lebih lancar, terutama dalam kerja pelayanan publik. Selain lebih mudah, digitalisasi ini akan mampu membantu pemerintah daerah untuk melakukan penghematan anggaran,” ujarnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan menambah semangat bagi seluruh pihak. Masih ungkapan Bupati, bahwa Kabupaten Sergai baru saja menerima penghargaan dari Ombudsman RI dengan peringkat ketiga se-Sumut Zona Hijau pelayanan publik. Prestasi tersebut, dapat menjadi pemacu dan penyemangat bagi kita semua.

“Semua Camat, Kepala Desa, dan Kepala urusan perencanaan keuangan, mesti memiliki pola pikir maju dan bekerja secara profesional,” tegas Bupati. Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas PMD Sergai, Perwakilan Kantor Pusat PT. Bank Sumut Rosmidi, Kepala PT. Bank Sumut Cabang Sei Rampah Nuzuwar, SE, MM, kepala desa dan kaur keuangan Desa se-Sergai. (ril/R-03).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *