Darma Wijaya Harap Petani Tingkatkan Budidaya Padi Organik

By Administrator Feb 10, 2023

SERGAI,Sinarsergai.com –
“Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adalah salah satu lumbung beras di Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan data dinas pertanian tahun 2022, produksi gabah padi yang di capai sebesar 431.378 ton atau setara dengan 274.702 ton beras. Secara produksi dan kebutuhan besar tentunya Kabupaten Serdang Bedagai merupakan yang surplus.”

Demikian kata sambutan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya pada acara panen padi bersama pada klaster padi binaan Bank Indonesia, di Desa Pematang Pelintahan, Sei Rampah, pada Jumat (10/2/2023).

“Beberapa waktu yang lalu di tempat ini kita bersama-sama meresmikan acara kick off klaster padi.”

Nah, kita harapkan praktik budidaya yang baik (good agricultutal practice) yang dibimbing oleh BPTP Sumatera Utara pada demplot ini, nantinya dapat disebarluaskan kepada petani-petani lainnya diluar program ini.

Sejalan dengan program pemerintah untuk mengkonsumsi beras organik lokal, Darma Wijaya berharap agar petani dapat meningkatkan budidaya padi organik,“ Bagi para petani penggiat organik juga kami harapkan agar dapat konsisten ke depannya. Pemerintah kabupaten akan membantu mendampingi dan memfasilitasi proses sertifikasi organiknya.” Ungkapnya.

Doddy Zulverdi, kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, berharap program demplot menggunakan good agricultural practices (GAP) yang telah berjalan menjadi contoh dapat direplikasi di seluruh lahan klasger milik Gapokga Harapan seluas 260 ha dengan produktiv8tas yang mencapai 7-8 ton/ha dari yang sebelumnya sebesar 6 ton/ha sehingga total produksi dapat mencapai 3.150 – 3.600 ton per musim tanam.

“Adanya peningkatan produktivitas dapat menjadi salah satu upaya menjaga ketahanan pangan dan kestabilan harga beras dari sisi suply” ungkapnya pada sambutan di acara panen padi bersama.

Turut hadir dalam acara ini, Sekda Provinsi Sumatera Utara Aried S. Tri Nugroho, Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Doddy Zulverdi, Kepala BPS Sumatera Utara Nurul Hasanudin, Pimpinan wilayah bulog divre Provinsi Sumatera Utara Arif Mandu.

Selanjutnya Kepala BSPI Sumatera Utara Dr. Khadijah El Ramija, S.PI., MI, Deputi kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ibrahim, Plt Direktur Pd. Aneka Industri dan Jasa provinsi Sumatera Utara Muhammad Hidayat Nur, S.Sos. Kepala Dinas Pertanian Sergai, Deddy Iskandar, para Kepala OPD Sergai, Camat Sei Rampah serta tokoh agama dan masyarakat.(ril/R-03)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *