Diskusi Ringan Sambil Makan Durian Mumpung Ketemu Presiden

By Administrator Feb 13, 2023

“Pak, jalanan di Medan sudah sangat padat dan rawan kemacetan. Bagaimana kalau di Medan dibangun tol dalam kota, tapi melintas diatas sungai yang membelah Kota. Medan banyak sungainya, Pak. Kalau dibangun tol dalam kota, tentunya dalam proses pembangunan tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas, karena kanan kiri sungai ada bantaran yang bisa menjadi tiang pancang tol. Mungkin tidak terlalu besar biaya pengusurannya Pak. Nantinya sungai bisa jadi bersih dan masyarakat  dapat menjadikan kawasan bantaran  sungai menjadi halaman depan rumah, bukan dapur rumah untuk buang kotoran,” tambahku.

Spontan, Presiden memanggil  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. “Pak Menteri, cobak dijajaki  tentang tol dalam kota Medan diatas sungai,” kata Presiden.  Dan sebelumnya memanggil Menteri PUPR, Presiden juga sudah mempertanyakannya kepada Walikota Medan terkait dengan tol dalam kota melintasi sungai.

                                                                 ***

Inilah poin-poin diskusi ringan dengan Presiden Jokowi. Dialognya mengalir dan semuanya dijawab. Jokowi seakan tak menempatkan dirinya sebagai Presiden. Dia dengarkan, dia simak dan dia teruskan kepada pihak terkait. Tak ada ekspresi marah, cemberut apalagi menolak untuk menjawab. Pandangannya  tajam kepada lawan bicaranya, namun intonasi suaranya tetap lembut dan sangat responsif. Sebagai seorang pemimpin Jokowi tetap mendengar aspirasi rakyatnya, tanpa ada mengeluhkan materi yang disampaikan.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *