RSUD Sultan Sulaiman Terus Tingkatkan Pelayanan

By Administrator Mei 5, 2023

Pelayanan sering menjadi perbincangan bagi pasien maupun masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan dan pengobatan di suatu Rumah Sakit maupun di tempat pengobatan medis lainnya. Sebelum mendapatkan pengobatan dari tim medis, tentunya setiap pasien yang datang akan mendapatkan pelayanan terlebih dahulu dari tim medis, baik itu berupa sambutan maupun pengobatannya.

Untuk membantu setiap pasien menjadi lebih nyaman dan cepat sembuh dari penyakit yang diderita, selain mengandalkan pengobatan, pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman mengedepankan pelayanan yang terbaik. Hal ini terus dilakukan evaluasi dan perbaikan dari tahun ke tahun. Pelayanan ini tidak bisa lepas dari sikap tim medis seperti dokter, perawat dan bidan juga pegawai yang bekerja dari pagi maupun sore dan malamnya selama 24 jam silih berganti.

Terkadang kita mendengar keluhan tentang pelayanan dan tindakan perawat yang kurang simpatik, ada dalam bentuk sikap dan ekspresi yang kurang peduli dan mudah emosi terhadap pasien maupun keluarga pasien. Sikap ini yang setiap tahunnya dilakukan evaluasi dan perbaikan oleh pihak RSUD Sultan Sulaiman.

Pelayanan yang terbaik tentunya menjadi dambaan setiap orang dan pasien. Justru itu terus diupayakan oleh pihak RSUD Sultan Sulaiman sejak didirikannya pada tahun 2006 hingga sekarang. Tidak bisa kita pungkiri pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD Sultan Sulaiman, terkadang ada yang merasa puas dan ada juga merasa tidak bahagia. Untuk mewujudkan pelayanan yang baik tersebut, semua tim medis maupun pegawai yang bekerja di RSUD Sultan Sulaiman harus menampilkan sikap Senyum, Empati, Ramah, Amanah, Sigap dan ikhlas (SERASI). Ternyata sikap ini sudah terangkum dan menjadi motto bagi RSUD Sultan Sulaiman.

Menurut informasi yang diterima dari Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr. Ahmad Idris Daulay, bahwa secara umum pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dipimpinnya ini adalah pelayanan rujukan secara paripurna untuk kelas C. Pelayanan yang selama ini telah mengalami perbaikan dan peningkatan. Namun demikian, pihaknya terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Untuk tahun 2023 ini sebutnya, Pemkab Sergai akan menambah bangunan ruangan baru sebanyak 20 unit.

Hal ini menyahuti banyaknya kunjungan pasien dalam kurun waktu dua tahun tahun belakangan ini sehingga fasilitas ruangan yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung pasien. Begitu juga dengan peralatan medis, terus dilakukan pelengkapan seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Tentunya butuh alat medis yang serba mempergunakan teknologi dan memiliki kemampuan untuk membantu penyembuhan dan kemudahan dalam mendeteksi penyakit yang diderita oleh pasien. Peralatan tim medis dan sarana gedung ini diwujudkan dengan secara bertahap sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Dijelaskan dr. Ahmad Idris, pihaknya saat ini dapat melayani pasien dan telah menyiapkan fasilitas pelayanan di IGD, Dokter Gigi, Pelayanan Dokter Spesialis , yakni Penyakit Dalam, Obgyn, Bedah, Anak, Ortopedi, Jantung, THT, Mata,Kulit & Kelamin, Saraf, Paru, Psikiatri, Fisioterapi, Anastesi. Selanjutnya telah disediakan untuk pelayanan di Radiologi,Laboratorium, Farmasi, UTDRS,Pemulasaraan Jenazah, Pelayanan Gizi, Laundry,Pasien ODGJ, Pelayanan Pasien yang tidak mempunyai identitas, Pelayanan Pasien yang tidak mampu dan pelayanan Pasien Umum/ BPJS/ Jampersal/ Jasa Raharja.

Sedangkan pasien yang tidak mampu dan belum mempunyai Jaminan Kesehatan akan dibantu dengan mengupayakan Jaminan Pelayanan Non Register dari Dana Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Dinas Kesehatan Sumut). Dalam pelayanan ini, pihak RSUD Sultan sulaiman bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai.

Selain itu ada pelayanan tersedia lainnya yang akan dikembangkan berupa pelayanan Hemodialisa, Cath lab dan Pelayanan Radiologi dengan Penambahan CT Scan. Guna meringankan beban biaya bagi pasien yang tidak mampu dari perekonomiannya, kini pihak Rumah Sakit telah menyediakan pelayanan gratis transportasi jemput pasien sakit dan antar pasien yang sudah sehat.

Pelayanan antar jemput pasien ini juga sudah berlangsung dan ini dilaksanakan sesuai dengan ketersediaan transportasi ambulan. Ke depannya diharapkan dapat lebih ditingkatkan pelayanan transportasi antar jemput pasien dengan penambahan armada mobil Ambulance.

Kemudian telah tersedia fasilitas layanan umum yang dapat dinikmati oleh pasien, keluarga pasien dan masyarakat lainnya yang datang ke rumah sakit ini. Masih penjelasan Direktur, dimaksud dengan Pelayanan umum yaitu untuk transportasi rujukan pasien yang meringankan beban pasien saat dilakukan rujukan.

Nah, untuk mewujudkan pelayanan terbaik tersebut kata Direktur, tentunya didukung dengan tim medis yang berkualitas dan itu telah disiapkan diantaranya, Dokter Spesialis, Dokter Umum, Perawat, Apoteker, Bidan, Analis kesehatan, Asisten Apoteker, Ahli gizi, Fisioterapi, Radiographer, dan rekam medis. Selain itu disiapkan juga tenaga non kesehatan yaitu bagian keuangan, administrasi dan personalia.

Sementara Bupati Kabupaten Serdang Bedagai H. Darma Wijaya saat meninjau RSUD Sultan Sulaiman belum lama ini mengatakan bahwa ruang rawat inap yang aman dan nyaman merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan pasien. Dalam merancang ruang rawat inap ini harus memenuhi persyaratan tertentu yang mendukung terciptanya ruang rawat inap yang sehat, aman dan nyaman.

Sebagai pelayan masyarakat, ucap Bupati, khususnya bidang kesehatan harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman saat masyarakat menggunakan fasilitas kita. Guna mewujudkan pelayanan terbaik tersebut sambung Bupati lagi, harus didukung dengan kinerja yang disiplin sehingga tidak menimbulkan rasa kecewa terhadap pasien yang datang untuk mendapatkan perobatan dan perawatan guna penyembuhan penyakit yang diderita.

Jangan biarkan pasien menunggu terlalu lama dan disiplin ini harus dijadikan prioritas dalam mendukung terwujudnya pelayanan terbaik yang didambakan semua orang. Jika tim medis maupun tenaga non medis tidak disiplin, maka akan dikhawatirkan timbul rasa kecewa bagi pasien dan pihak keluarganya yang telah menaruhkan kepercayaan terhadap rumah sakit ini. Justru itu semua tim medis dan pegawai harus disiplin dalam menunaikan tugas yang mulai ini. Begitu juga dengan fasilitas kesehatan fisik harus ditingkatkan.(R/04)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *