Kasad Tutup Secara Resmi TMMD Ke-116 TA 2023 dari Wilayah Kodim 0204/DS

By Administrator Jun 8, 2023

Sei Rampah, Sinarsergai.com – Kasad, Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman menutup secara resmi kegiatan TMMD ke-116 TA 2023 yang dilakukan secara serentak dari wilayah Kodim 0204/Deliserdang di Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (8/6/2023).

TMMD ke-116 yang mengangkat tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” ini digelar di 150 titik di 50 Kodim pada 15 Kodam di seluruh wilayah Tanah Air. 

Dalam upacara penutupan yang dilangsungkan di Lapangan Sepakbola Perkebunan Lonsum Rambung Sialang, Kecamatan Sei Rampah itu, Kasad bertindak sebagai Irup, dengan Komandan Upacara, Danbrigif 7/RR, Kolonel Inf Nur Wicahyanto, serta Perwira Upacara, Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Franki Susanto. Sejumlah unsur Forkopimda Sumut dan Serdang Bedagai juga terlihat hadir. 

Rangkaian upacara diawali dengan laporan Dansatgas TMMD Kodim Deliserdang, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi, yang menguraikan seluruh kegiatan fisik maupun non fisik telah diselesaikan 100 persen.

Dansatgas juga menjelaskan, kegiatan TMMD ini sebagai upaya TNI AD melalui Kodim 0204/Deliserdang dalam membantu pemerintah daerah mengakselerasikan percepatan pembangunan di wilayah pedesaan melalui kegiatan serbuan teritorial, bakti TNI maupun bakti sosial kepada warga masyarakat.

Acara selanjutnya, Kasad menyaksikan penandatangan berita acara penyerahan hasil TMMD ke-116 Kodim Deliserdang dari Dansatgas, Letkol Czi Yoga Febrianto kepada Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya, SE. 

Kasad juga menandatangani prasasti TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang, serta penanggalan tanda peserta TMMD dari Prajurit TNI trimatra serta anggota Polri.

Dalam amanatnya, Kasad berharap kegiatan TMMD ke-116 ini dapat dijadikan momentum meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam mengakselerasikan percepatan pembangunan.

“Selama satu bulan prajurit TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan Komponen Bangsa lainnya secara bergotongroyong menyelesaikan program TMMD. Karenanya, kebersamaan ini harus terus dipelihara sebagai bentuk energi positif dalam mempercepat pembangunan di wilayah,” jelas Kasad.

Kasad menguraikan, program TMMD yang telah berlangsung selama 43 tahun, kini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Apalagi sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana dan prasarana infrastruktur masih sangat diperlukan.

Diakui Jenderal Dudung, berbagai pencapaian kegiatan fisik dan non fisik dalam TMMD dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa serta semangat nasionalisme untuk mendukung berbagai program pemerintah.

Jenderal Dudung juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh komponen masyarakat apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, sikap dan tingkah laku prajurit yang tidak pada tempatnya.

Di akhir sambutannya, Jenderal Dudung menyampaikan beberapa atensi sebagai tindak lanjut dari program TMMD . Yakni pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat, TNI-Polri dan TNI-Pemda serta jangan mudah terprovokasi.

Kemudian, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan bangsa yang sudah terbina selama ini, pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati warga masyarakat dalam waktu cukup panjang, serta kepada para Dansatgas agar segera melakukan evaluasi untuk dijadikan bahan perbaikan pada kegiatan TMMD mendatang.

Di kesempatan sama, Jenderal Dudung bersama Ketua Umum Persit KCK, Ny Rahma Dudung Abdurachman dan rombongan juga meninjau kegiatan bakti sosial berupa pemberian bantuan sembako secara simbolis kepada 1.300 orang, kursi roda lima unit, pelayanan kesehatan dan vaksinasi gotong royong, serta bazar murah.

Tak ketinggalan, Jenderal Dudung juga menyerahkan insentif dari Pemkab Sergai kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebesar Rp500 ribu per bulan, serta penyerahan kunci Ambulance Babinsa dan Bentor Batak’s (Babinsa Tanggap Kesehatan dan Stunting).

Turut hadir di acara, Ketua Komisi I DPR RI, Meutia Hafid, Asops Kasad, Mayjen TNI Dian Sundiana, Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Pangdam I/BB diwakili Kasdam, Brigjen TNI Refrizal, Kapoldasu, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Danlatamal I Belawan, Laksma TNI Johanes Widjonarko, Dankosek I Medan, Marsma TNI M Nurdin, Kabindasu, Brigjen TNI Asep Jauhari, Danrem 022/PT, Kolonel Inf Luqman Arief, Danrem 023/KS, Kolonel Inf Lukman Hakim, para PJU Kodam I/BB, Korem 022/PT dan unsur pejabat TNI-Polri dan Sipil wilayah Kabupaten Serdang Bedagai lainnya. (SS/Kodim 0204/DS)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *