Jelang Bulan Suci Ramadhan Banyak Warga Berziarah

By Sinarsergai Mar 10, 2024
Teks foto : Kuburan Muslim di Desa Sei Rampah,KEcamatan Sei Rampah, Sergai,Minggu (10/3/2024)

SERGAI,Sinarsergai.com- Masyarakat umat muslim berbondong-bondong datangi kuburan untuk berziarah menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H dengan membawa air dan berbagai jenis bunga. Ziarah ini sudah menjadi tradisi bagi umat muslim. Ustad Julis Sanjaya,S.Pd mengatakan, ziarah ke kuburan ini merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Muhammad SAW. Dalam sebuah dalil bahkan diterangkan mengenai anjuran berziarah kubur. Dari Buraidah Rasulullah SAW bersabda : ‘Sesungguhnya aku dahulu telah melarang kalian berziarah kubur.

Maka sekarang ziarahlah karena akan bisa mengingatkan  kepada akhirat dan akan menambah kebaikan bagi kalian dengan menziarahinya.

“Tujuan berziarah ke kuburan sambung Julis,pertama yaitu mengucapkan salam,kedua mendo’akan si mayit karena mereka butuh do’a dari orang yang hidup. Ketiga, supaya kita ingat akan mati dan akhirat.”jelas Ustad Julis, Minggu (10/3/2024).

Umi (63) warga Dusun 2 Desa Mangga Dua,Kecamatan Tanjung Beringin, menuturkan ia berziarah ke kuburan keluarga. Ia mengaku setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadhan berziarah ke Kuburan Sei Rampah, karena disini banyak pihak keluarga yang dimakamkan. “Tadi sudah dido’akan pihak keluarga yang berada di alam kubur. Perasaan terharu mengingat masa lalu.Ucap Umi.

Katinem (71) warga Paret Mesin Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, mengaku tenag setelah berziarah ke kuburan anak dan pihak keluarga yang lainnya. Ziarah ini salah tujuannya memang mengingat kita akan kematian (akhirat). Mari tingkatkan amal ibadah semasih kita hidup.Imbuhnya.(Dwi/Yun)