Bupati Sergai Beri Hadiah Umroh Gratis Bagi Pemenang, Ketua MUI Sergai : Siap Laksanakan Lomba WC Terbersih

By Sinarsergai Mei 13, 2024

SERGAI,Sinarsergai.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan tempat ibadah umat muslim, khususnya WC yang disebut juga sebagai tempat berwudhu, buang hajat kecil dan besar.

“Hidup bersih itu merupakan sebagian dari iman (HR.Muslim 328). Selanjutnya penegasan kita harus bersih (Bersuci) saat ingin melaksanakan ibadah Solat wajib maupun sunat, itu juga persyaratan sah seseorang muslim mengerjakan solat. Justru kita harus mengambil Wudhu agar solat dilaksanakan sah. Ujar Ketua MUI Sergai Drs.Hasful Huznaen SH, Senin (13/5/2024) via WhatsApp menanggapi saran Bupati Sergai agar dilaksanakan perlombaan “WC Terbersih” di tempat ibadah.

“Perlu kita ingat bahwa bersih itu merupakan salah satu diantara perintah Allah SWT.” Dan dikutip dari Aisyah Radhiallahu Anha berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya : Agama itu dibangun berasaskan kebersihan. (HR. Muslim).

“Perlombaan membersihkan WC yang berada di Masjid dan Mushola, kita sambut hangat. Perlombaan ini jarang sekali dibuat dan nilainya sangat bagus, artinya Bupati Sergai Darma Wijaya telah mengingatkan kita semua masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan di mulai dari diri sendiri, rumah ibadah dan tempat lainnya.”

Saat ini kata Hasful, pihaknya akan melaksanakan musyawarah dan mufakat untuk pelaksanaan perlombaan “WC Terbersih” dan tentunya melibatkan banyak pihak terutama tim juri dari pihak yang independen dan pemerintah daerah Sergai. “Kita mau penilaiannya nanti benar-benar bersih, tidak ada intervensi maupun pengaruh dari pihak penyelenggara nantinya. Tegas Hasful.

Di tempat terpisah, Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam acara silaturahmi dengan ulama, tokoh agama dan cendikiawan muslim Sergai, di Aula Sultan Serdang, Minggu (12/5/2024), menyampaikan harapannya agar bisa terjaga kebersihan WC di rumah ibadah umat muslim seperti di Masjid dan Mushola. Selanjutnya, Bupati meminta agar Majelis Ulama Indonesia Sergai dapat menyelenggarakan perlombaan “WC Terbersih” di semua Masjid dan Mushola dengan penilaian tim juri yang profesional. Bagi Masjid yang WC nya berhasil mendapatkan penilaian terbaik dan memenangkan perlombaan tersebut makan akan diberi hadiah menunaikan ibadah Umroh gratis hanya untuk satu orang saja. Ucap Bupati.

Ia berharap kebersihan lingkungan masing-masing dapat dijaga dan khususnya WC Kantor Pemerintahan dan pelayanan agar diperhatikan dengan benar. Harus bersih jangan lagi ada yang kotor, saya akan cek nantinya dengan mendadak. Tegas Darma Wijaya. (R-04)