Ratusan Jamaah Calhaj Kabupaten Asahan Terlambat 3 Jam Diberangkatkan

By Sinarsergai Mei 13, 2024

DELI SERDANG,Sinarsergai.com – Sinarsergai.com – Kelompok terbang (Keloter) Pertama Jamaah Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara Embarkasih Medan mengalami keterlambatan selama 3 jam baru diberangkatkan dari Bandara International Kualanamu pada pukul 11.00 wib, Senin (13/5/2024).

Sebanyak 360 jamaah Calon haji beserta Petugas Haji, pada Musim Haji 1445 H/2024 M ini menaiki 10 Bus dari Asrama Haji Medan pada pukul 08.15 WIB menuju Bandara Kualanamu Internasional Kabupaten Deli Serdang dan sampai sekira pukul 09.15 WIB. Berdasarkan informasi, Keloter pertama asal Asahan ini akan diterbangkan ke Madinah pada pukul 03.45 WIB, namun dilakukan rescdhule menjadi pukul 08.00 WIB, namun karena padatnya Flight Traffic di Madinah, penerbangan Keloter Pertama molor hingga pukul 11.00 WIB.

Keberangkatan ratusan jamaah Calon haji Keloter Pertama asal Kabupaten Asahan langsung dilepas oleh Pejabat Gubernur Sumatera Utara Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin didampingi Kakan Kemenag Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM, Kaotband Wilayah II Medan Bandara Kualanamu Sokhib Al Rokhman dan Pihak Perwakilan PT.Angkasa Pura Aviasi

Menurut Pejabat Gubernur Sumatera Utara Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin kepada wartawan mengatakan, dalam pelepasan Keloter Pertama Jamaah Calon haji asal Kabupaten Asahan Sumatera Utara ini, seluruh persiapan sudah benar-benar maksimal.

“Semua perencanaan dan kesiapan pelepasan Calhj Keloter Pertama ini berjalan sangat baik, sampai dengan take off dipersiapkan sangat baik, saya juga berpesan dan berharap kepada calon haji untuk menjalankan tiga hal, yang pertama untuk meningkatkan rasa syukur dan keikhlasan, dan ketiga pengetahuan yang mana sudah dipelajari pada manasik haji,” Ujar Hasanuddin.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengatakan untuk di keloter satu ini utuh sebanyak 360 jamaah beserta petugas yang diberangkatkan dalam keadaan sehat walafiat.

“Nah dari 8.624 se Sumatera Utara, yang tertua ada di Keloter satu ini dengan usia 94 tahun untuk jamaah laki-laki dan Usia 96 tahun jamaah perempuan, jadi kondisi jamaah kita di Sumatera Utara ada 3 golongan untuk kuota lansia yang berjumlah 416 Jamaah,” Kata Ahmad Qosbi.

Pelepasan Jamaah Calon haji Keloter Pertama Asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara dengan nomor Penerbangan GA-3101 dengan Pesawat Garuda dilepas dengan lantunan Azan untuk mendo’akan penerbangan Keloter Pertama ini sampai tujuan dengan selamat.( R-05 )