PDI-Perjuangan Raih 15 Kursi di Pileg 2024, Ketua KPU Sergai : Anggota DPRD Masih Aktif Harus Mundur Jika Maju Jadi Calon Bupati dan Wakil Bupati

By Sinarsergai Mei 28, 2024

SERGAI,Sibarsergai.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) Kabupaten Serdang Bedagai di bawah pimpinan Darma Wijaya yang juga Bupati Sergai berhasil meraih 15 kursi pada Pileg tahun 2024. Hasil ini diketahui dari data yang dibacakan Divisi Teknis KPU Sergai Erdian Wirajaya,S.Sos, ketika berlangsungnya Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Dan Calon Terpilih Anggota DPRD Sergai, di Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (28/5/2024).

Selanjutnya, PKS meraih 2 kursi, Partai Hanura 2 kursi, PAN 1 kursi, PPP 5 kursi, Golkar 5 kursi, Gerindra 5, PKB 5, NasDem 2 dan Partai Demokrat Sergai 3 kursi dengan total semua 45 kursi di DPRD Sergai periode 2024-2029. Jelas Erdian.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai Agusli Matondang,SH, menjelaskan bahwa syarat partai politik baik gabungan maupun sendiri dapat mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai periode 2024-2029 dengan jumlah sebanyak 9 kursi. Dan bagi anggota DPRD yang masih aktif maju di Pilkada Sergai tahun 2024, baik sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati tetap mengundurkan diri sesuai dengan aturan dan hingga saat ini belum perubahan aturan terbaru tentang hal tersebut diatas. Aturan Pileg tahun 2019-2024 tetap masih berlaku di Pileg tahun 2024-2029, sepanjang belum ada aturan baru dari KPU RI.

Sedangkan bagi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sergai (Incumbent), kata Agusli, tidak harus mundur dari jabatan, cukup cuti jika masuk tahapan kampanye. Jelasnya.

Alhamdulillah, pelaksanaan Pemilu dan Pileg tahun 2024 berlangsung aman,damai,dan sukses. “Segenap komisioner dan jajaran KPU Sergai mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak. Diharapkan pelaksanaan Pilgubsu dan Pilkada Sergai dapat berlangsung dengan lancar,aman, damai dan sukses.Harap Agusli.

Turut hadir Bupati Sergai H. Darma Wijaya diwakili Pj. Sekda Sergai Hj. Rusmiani Purba,SP,M.Si, Para Ketua Partai Politik/Mewakili dan undangan. (R-04)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *