Meski Banyak Isu Miring Jelang Pilkada 2024, AYS Tanggapi Santai

By Sinarsergai Jul 14, 2024

DELI SERDANG, Sinarsergai.com –
Haji Muhammad Ali Yusuf Siregar atau AYS yang dijagokan banyak pihak sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) paling potensial menang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Deli Serdang 27 Nopember 2024 mendatang, menanggapi santai isu miring tentang dirinya.

“Biasalah dalam politik. Doakan saja saya dan mohon dukungan nanti pada hari pemilihannya,” ucap Yusuf Siregar kepada awak media ketika ditemui di rumah pribadinya, Kelurahan Pekan Tanjung Morawa, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (14/7/2024).

Beberapa isu yang beredar di lapangan diantaranya bahwa Yusuf Siregar tidak akan mendapatkan perahu politik dari partai pemilik kursi di legislatif untuk berlabuh pada Pilkada Deli Serdang, juga ada isu yang berkembang jika HM Ali Yusuf Siregar tidak bisa mengikuti Pilkada Deli Serdang terkait polemik saat di akhir jabatan dirinya melantik pejabat eselon 3 dan 4 di pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.

Terkait perahu dukungan, isu yang beredar, partai politik akan diborong habis untuk mendukung calon tertentu guna menciptakan sejarah Pilkada sebelumnya yakni, ‘kotak kosong’, dan HM Ali Yusuf Siregar diisukan tidak mendapat dukungan dari partainya sendiri.

Bahkan Partai Nasional Demokrat (NasDem) tempat Yusuf Siregar bernaung sebagai kadernya pun, diisukan tidak akan mendukung dirinya dan akan menyerahkan perahu NasDem dengan 7 kursi kepada orang lain.

Meski saat ini Yusuf Siregar ‘menakhodai NasDem Deli Serdang sebagai ketua, banyak isu menyebutkan dirinya tidak mendapat restu dari Surya Paloh. Komitmen politik di tingkat pusat dialaskan menjadi salah satu penyebabnya sehingga perahu NasDem di Deli Serdang tidak akan diserahkan kepada Yusuf Siregar.

Menyikapi isu itu, Yusuf Siregar sembari tersenyum mengatakan, sosok Ketua Umum NasDem Surya Paloh tegas dalam prinsipnya dan tidak bisa dibeli atau ditekan. Yusuf Siregar justru heran, orang-orang yang membahas dirinya seakan-akan tahu karakter dan sikap politik Surya Paloh.

“Bagi saya sebagai kader NasDem, tugas saya membesarkan partai. Alhamdulillah, kursi NasDem di Deli Serdang bertambah setiap periodenya yang dari 4 kursi naik menjadi 6 dan tahun 2024 ini naik lagi menjadi 7 kursi sekarang ini,” ungkap Yusuf.

Kemudian isu terkait pelantikan jabatan dijajaran Pemkab Deli Serdang saat dipenghujung jabatannya sebagai Bupati Deli Serdang periode 2024, tepatnya pada 22 April yang lalu, Yusuf Siregar menampik isu tersebut karena SK dari Kemendagri saat itu sudah ada ditangannya.

“Surat dari Kemendagri untuk pelantikan pejabat yang saya Lantik saat itu sudah turun dari Kemendagri dan sudah ada sama saya, walaupun diakhir masa jabatan, saya harus segera melantik mereka karena dasarnya SK dari Mendagri sudah ada”, ucap Yusuf Siregar

Dirinya juga menerangkan, seorang Bupati harus segera melantik pejabat dijajarannya karena SK itu sudah ada, dan akan salah jika tidak segera dilantik saat periodesasi jabatan Bupati berakhir karena Bupati selanjutnya harus melakukan surat usulan ulang ke Kemendagri kembali untuk mendapatkan SK pelantikan itu.

Terkait 2 orang yang tidak dilantik Ali Yusuf Siregar (AYS) menjelaskan bahwa 2 orang itu bukan diberhentikan namun mereka menunggu izin Mendagri untuk dilantik juga karena 2 orang tersebut merupakan hasil lelang jabatan yang telah lulus.

“Ada 2 orang yang belum sempat saya Lantik saat itu, tapi mereka bukan saya berhentikan namun menunggu izin pelantikan dan sampai hari ini pejabat yang 2 orang itu masih tetap bekerja”. Ujar Bupati Deli Serdang Ke 14 tersebut.

Ali Yusuf Siregar lebih jauh lagi menerangkan, “Saat itu usulan untuk dilantik kepada 2 orang Pejabat itu sudah kita ajukan ke Kemendagri namun hingga akhir jabatan saya, SK dari Kemendagri yang kita ajukan tidak juga turun, jadi seharusnya usulan izin pelantikan dari Mendagri untuk yang 2 orang ini harus kembali di usulkan ulang supaya izin dari Mendagri turun dan bisa dilakukan pelantikan terhadap 2 orang pejabat itu”, sebut Yusuf Siregar lagi.

Yusuf Siregar yang juga mantan Wakil Bupati dan Bupati Deli Serdang periode 2019-2024 ini hanya menguraikan, lihat saja kepastian dirinya maju atau tidak pada Pilkada sebagai calon nanti Agustus 2024 mendatang.

“Pastinya, lihat saja nanti bulan Agustus waktu pendaftaran,” ucapnya sembari mengajak semua elemen masyarakat Deli Serdang berdoa dan berpartisipasi agar pilkada Deli Serdang berjalan lancar dan aman.(Sam)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *