Proses Coklit Sudah 99 Persen, Bawaslu Sumut Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

By Sinarsergai Jul 21, 2024

MEDAN,Sinarsergai.com – Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam Pemutakhiran Data Pemilih di 33 Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak 2024 sudah capai 99 persen.

Anggota KPU Sumatera Utara (Sumut) Frendianus Joni Rahmat Zebua mengatakan, sisanya sedang proses di Kabupaten Deliserdang saat ini. Namun berdasarkan laporan dari KPU Kabupaten Deliserdang secara manual sudah 100 persen. Tapi, data tersebut belum masuk keseluruhan ke e-Coklit.

“Saat ini msh di 99 persen. Masih tersisa Deliserdang. Tapi, sudah hampir kelar kok. Jadi, di Deliserdang tinggal sinkronisasi antara manual ke e-Coklit aja lah,” kata Frendianus, saat dikonfirmasi, Minggu (21/7)2024).

Frendianus mengklaim, 32 Kabupaten/ Kota se-Sumut, sudah 100 persen secara e-Coklit. Untuk diketahui, KPU Sumut melakukan Coklit di 33 Kabupaten/Kota melibatkan 41.406 Pantarlih, dengan masa tugas selama satu bulan, dimulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Nantinya DPT terbaru, memiliki hak suara pada Pilkada serentak 2024.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu mengatakan, terhadapa hasil Coklit ini, Bawaslu sedang melakukan mekanisme sampling atau uji petik terhadap Pemutakhiran Data Pemilih ini.

Hal ini dilakukan, untuk memastikan masyarakat masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan memiliki hak suara pada 27 November 2024.

“Uji petik, untuk memastikan apa mereka kerjakan itu, terjadi atau tidak. Kita tidak bisa melakukan pengawasan ketat, karena jumlah kita tidak sebanding dengan jumlah Pantarlih yang banyak,” ucap Saud.

“Kita turun langsung dan bertemu dengan warga di Pakpak Bharat dilakukan Coklit, kita uji petik di tiga desa, dilakukan coklit,” pungkasnya. (Sbl)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *