PPJ Terus Dipungut Pemerintah, Masyarakat Resah Malam Gelap Gulita Tanpa Lampu Jalan

By Sinarsergai Mar 11, 2024
Teks foto : Suasana malam di Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai sudah puluhan tahun gelap gulita sehingga masyarakat resah,banyak terjadi kecelakaan,Minggu (11/3/2024)

SERGAI,Sinarsergai.com- Pajak Penerangan Jalan (PPJ) terus dilakukan pemungutan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Kantor Cabang PLN yang ada di Sergai sebesar 10 persen. Pungutan atau pemotongan dana untuk PPJ ini langsung dilakukan disaat pembayaran tagihan rekening listrik dan pembelian pulsa token listrik oleh setiap pelanggan.”Pemungutan PPJ ini berjalan dengn lancar dan sukses, meskipun di Sergai ini masih  banyak Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tidak dipasang oleh pemerintah daerah, tapi PPJ tetap saja dipungut.”

Nah, kondisi ini diharapkan pemerintah daerah tidak hanya bahagia dan gembira menerima hasil pungutan PPJ dari masyarakat yang meruapakan pelanggan jasa PLN di daerah ini. Tapi, pungutlah PPJ sesuai kenyataan di lapangan. “Jangan LPJU tidak ada, masyarakat terus dipungut PPJ.” Ini sungguh luar biasa,perlu diperiksa oleh pihak yang berkompeten.

Suasana malam di Dusun II Desa Sentang,Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, kata Nurdin (57) warga Desa Sentang,Minggu (11/3/2024), sudah hampir mencapai 25 tahun sebelum ia menikah hingga sudah punya anak, Desa Sentang ini tetap juga gelap gulita. Sebagai pelanggan PLN, ia berharap pemerintah daerah dapat segera memasang lampu jalan agar di Bulan Suci Ramadhan ini masyarakat Sergai khususnya umat muslim di Desa Sentang tidak terganggu dalam menjalankan ibadah puasa dan solat Wajib maupun Solat Tarawih.

Akibat jalan umum ini gelap gulita, sudah banyak terjadi kecelakaan bahkan tindakan kejahatan di malam hari juga bermunculan. Pemerintah daerah diminta turun langsung ke lapangan cek suasana di desa ini. Coba lewati jalan gelap ini dengan mengendarai sepeda motor, jangan mempergunakan mobil mewah, agar dapat merasakan bagaimana dialami oleh masyarakat bawah ini sudah bertahun-tahun lamanya yang tetap membayar PPJ, meski lampu jalan tidak ada. Ungkapnya.

“Sering terjadi kecelakaan di Dusun I Desa Sentang ini, karena tidak ada lampu penerangan jalan umum sudah lebih kurang 5 tahun lama nya. Sedih juga, PPJ dibayarkan setiap bulan dan pembelian pulsa token listrik. Namun, disini malam tetap saja sepi dan gelap gulita. Takut masyarakat melaksanakan aktivitas di malam hari karena gelap gulita.