Gunakan Hak Suara,Ketua KPU Sergai Agusli Matondang Ajak Masyarakat Hindari Penyebaran Hoax Dan Fitnah

By Sinarsergai Okt 15, 2024

SERGAI,Sinarsergai.com- Ketua KPU Sergai, Agusli Matondang, menyampaikan bahwa sosialisasi ini diadakan untuk menciptakan Pilkada yang aman, nyaman, dan tertib sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Harapan terbesar kami adalah agar seluruh masyarakat Serdang Bedagai yang memiliki hak pilih dapat berpartisipasi pada 27 November 2024, dengan menggunakan hak pilihnya secara bijaksana. Negara telah mengeluarkan anggaran besar untuk pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Serdang Bedagai, sehingga mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan baik,”

Ia menekankan bahwa pentingnya menjadi pemilih yang cerdas, atau “smart voter,” yang memiliki pemahaman mengapa mereka harus memilih. Dalam berbagai diskusi yang disampaikan, diingatkan agar masyarakat menghindari tindakan-tindakan yang dapat merugikan tahapan Pilkada, seperti penyebaran hoax, fitnah, atau praktik politik uang.

Ungkapan itu disampaikan Agusli Matondang pada acara Sosialisasi
untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, di Aula Jericho Stable, Kecamatan Sei Rampah, pada Selasa (15/10/2024).

“Dijelaskannya, dalam prinsip Islam, baik pemberi maupun penerima suap sama-sama mendapatkan konsekuensi berat. Kita juga harus membedakan antara kampanye hitam dan kampanye negatif yang berbasis fakta,” tegasnya.

Pemilu harus dilandasi prinsip keadilan, sesuai dengan ajaran dalam Al-Quran Surat Al-Ma’idah ayat 8 yang mengingatkan untuk berlaku adil, meskipun terhadap pihak yang tidak disukai.

Nah, untuk itu ia mengajak seluruh elemen masyarakat dan tokoh ormas untuk berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada mendatang, dan memastikan pemilih menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dan adil.

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan oleh KPU Sergai dengan tema “Peranan Ormas dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak 2024,” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam pemilu.

Turut hadir sebagai narasumber dari KAHMI, GAMKI, PD Muhammadiyah, PD Ansor, Pemuda Muhammadiyah, PC Nahdlatul Ulama, PC Fatayat Nahdlatul Ulama, PC Al-Washliyah, dan beberapa ormas lainnya.

Selain itu, diundang juga Mantan Komisioner KPU Medan M. Rinaldi Khair S.Sos., Dekan Fisip UISU Ridwan Nasution S.Sos., M.Kom., perwakilan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sergai Darmanto S.Ag., M.Pd., dan anggota Bawaslu Sergai Afner Sinaga sebagai narasumber.(Sb-01)