Malam Hari Rumah Sering Kebanjiran, Masyarakat Desa Bagan Kuala Minta Dipindahkan

By Sinarsergai Okt 17, 2024

SERGAI,Sinarsergai.com – Malang benar nasib yang dialami oleh masyarakat Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai,hampir tiap malam tidak nyenyak tidur dan terus dihantui rasa takut akan diterjang ombak besar.

“Curah hujan yang tinggi dan pasang air laut belakangan ini menyebabkan terjadi banjir yang berulang -ulang hingga merendam rumah pada malam hari.” Kondisi ini sungguh sangat menyesakan dada dan menyedihkan sekali. ” Besar harapan, Pemerintah Pusat, Propinsi Sumut dan Sergai, bermurah hati memberikan bantuan berupa solusi agar masyarakat yang masih bertempat tinggal dekat dengan bibir Pantai Merdeka dapat dipindahkan segera.

” Pak Presiden Jokowi, Gubernur dan Bupati, tolong lah kami masyarakat miskin di Desa Bagan Kuala ini yang tidak memiliki kemampuan untuk membeli sebidang tanah dan bahan bangunan dapat menempati rumah yang daratannya tidak terkena banjir lagi.”ujar Fatmah (51) janda tua dengan wajah sedih,Kamis (17/10/2024).

Ia sangat berharap ada bantuan rumah dari Pemerintah Pusat buatnya yang selama ini hanya ditemani 3 orang di dalam rumah. “Perasaan tidak tenang saja jika cuaca hujan dan hembusan angin sedikit kencang, di dalam hati sebutnya, terus berdo’a agar Allah SWT melindungi ia dan ketiga anaknya dari musibah dan bencana. Ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Bagan Kuala Sapril menuturkan, bencana banjir dan ombak besar yang datangnya dari laut terkadang tidak bisa diprediksi kapan terjadi. Bencana banjir belakangan ini melanda banyak rumah di Desa Bagan Kuala.

Kondisi banjir tersebut sering datang di malam hari sekira pukul 02.00 WIB, sudah dua hari terjadi. Selain menggenangi rumah, jalan unum juga tergenang, namun tidak begitu tinggi. Ia menghimbau kepada masyarakat agar sabar, tabah menghadapi cobaan tersebut. Beber Sapril.

Desa Pekan Tanjung Beringin Banjiran

Di tempat terpisah, banjir juga terlihat telah merambah ke jalanan tepatnya di Simpang Empat Jalan Ksatria dan Dusun III Buatan Desa Pekan Tanjung Beringin. Dampaknya, aktivitas mencari nafkah mengalami gangguan.(Sb-01)