Pengayaan Uranium Dapat Digunakan Sebagai Bahan Bakar Reaktor Dan Senjata Nuklir

By Sinarsergai Nov 5, 2019

Teheran,Sinarsergai.com-  Uranium yang diperkaya dapat digunakan untuk membuat bahan bakar reaktor dan juga senjata nuklir. Langkah itu dapat dibalik jika negara-negara kekuatan dunia untuk perjanjian itu mendukung komitmen mereka. Iran akan mulai menyuntikkan gas ke sentrifugal yang digunakan untuk memperkaya uranium di fasilitas bawah tanah Fordo pada hari Rabu, menggulung kembali komitmen lain di bawah kesepakatan nuklir 2015.Ini adalah langkah keempat yang diambil oleh Iran sejak Juli sebagai tanggapan atas sanksi AS yang dipulihkan oleh Presiden Donald Trump.kata Presiden Hassan Rouhani, dikutip dari halaman BBC.co.uk

Di bawah perjanjian itu, Iran setuju untuk membatasi kegiatan nuklirnya yang sensitif dan mengizinkan para inspektur internasional sebagai imbalan atas pencabutan sanksi ekonomi yang melumpuhkan.Trump meninggalkannya tahun lalu karena dia ingin memaksa Iran untuk menegosiasikan perjanjian baru yang akan menempatkan pembatasan tidak terbatas pada program nuklirnya dan juga menghentikan pengembangan misil balistiknya. Namun Iran sejauh ini menolak.

Pihak-pihak lain dalam kesepakatan itu – Inggris, Prancis, Jerman, Cina dan Rusia – telah berusaha untuk tetap hidup. Tetapi sanksi telah menyebabkan ekspor minyak Iran runtuh dan nilai mata uangnya anjlok, dan mengirim tingkat inflasi melonjak.

Iran menegaskan program nuklirnya sepenuhnya damai. Sebelum 2015, negara ini memiliki dua fasilitas pengayaan – Natanz dan Fordo – di mana gas uranium hexafluoride dimasukkan ke dalam sentrifugal untuk memisahkan isotop yang paling fisil, U-235.

Kesepakatan itu melihat Iran setuju untuk hanya memproduksi uranium yang diperkaya rendah, yang memiliki konsentrasi U-235 3-4%, dan dapat digunakan untuk menghasilkan bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Uranium tingkat senjata 90% diperkaya atau lebih

Iran juga setuju untuk menginstal tidak lebih dari 5.060 sentrifugal tertua dan paling efisien di Natanz sampai 2026, dan tidak melakukan pengayaan apa pun di Fordo sampai 2031. 1.044 sentrifugal di sana seharusnya berputar tanpa gas uranium hexafluoride disuntikkan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi negara pada hari Selasa, presiden Iran mengumumkan: “Mulai besok, kita akan mulai menyuntikkan gas ke Fordo.”  Mr Rouhani tidak mengatakan apakah langkah tersebut, yang akan dilakukan di bawah pengawasan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), akan mengarah pada produksi uranium yang diperkaya.

Dia menambahkan bahwa Iran menyadari “sensitivitas” dari pihak-pihak lain terhadap kesepakatan mengenai Fordo, yang dibangun secara rahasia sekitar 90 meter di bawah gunung selatan Teheran untuk melindunginya dari serangan udara. “Tetapi pada saat yang sama ketika mereka menjunjung tinggi komitmen mereka, kami akan memotong gas lagi … jadi mungkin untuk membalikkan langkah ini.”

Pada hari Senin, kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) mengatakan telah menggandakan jumlah sentrifugal canggih yang dioperasikan di Natanz. Ali Akbar Salehi mengatakan kepada wartawan bahwa mereka sekarang memiliki 60 sentrifugal IR-6, dan bahwa itu dapat memperkaya uranium hingga konsentrasi 20% “dalam waktu empat menit” setelah diberi perintah. Dia sebelumnya mengatakan AEOI akan membutuhkan empat hari untuk melakukannya.

Seorang juru bicara untuk Layanan Tindakan Eksternal Uni Eropa, Maja Kocijancic, mengatakan kepada wartawan bahwa itu terkait dengan pengumuman Presiden Rouhani. Juru bicara kementerian luar negeri Perancis Agnes von der Muhll mengatakan itu bertentangan dengan kesepakatan nuklir, dengan menambahkan: “Kami sedang menunggu dengan mitra kami untuk laporan IAEA berikutnya tentang pengumuman dan tindakan Iran.”

Juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov juga menyatakan keprihatinan atas langkah terbaru Iran, menambahkan: “Kami mendukung pelestarian kesepakatan ini.(R-06/bbc News)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *