Seru, Makan Sambal Andaliman Dan Sepat Siam Bisa Hangatkan Tubuh

Tanjung Beringin,Sinarsergai.com – Tak disangka ketika melihat menu yang dihidangkan ala kadarnya oleh Rajali pemilik lahan kolam ikan seluas 18 rante berlokasi di Dusun I Desa Pekan Tanjung Beringin,Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), hanya nasi putih,sayur rebus, ikan sepat Siam,kerumpuk Jangek dan ditambah dengan sambal Andaliman.

Awalnya kata Zulpan Tanjung warga Dusun I Desa Pekan Tanjung Beringin,Senin (10/8/2020) kemarin usai menguras kolam, Minggu (9/8/2020) ia niat akan makan tidak akan tambah dan sekedarnya saja karena sudah banyak minum air kelapa, tapi anehnya setelah mencicipi sambal Andaliman dan lauk ikan Sepat Siam tersebut, ia merasakan kehangatan pada tubuhnya hingga keluar keringat. Bukan hanya itu saja,sebut Zulpan, Sambal Andaliman buatan Pengcara Sergai Ismet Lubis SH,MSP yang biasa disapa Profesor itu memang terasa cukup pedas dan menambah nafsu makan hingga ia tambah.Ungkapannya.

Nada yang hampir sama juga disampaikan Rajali bahwa ia juga tak menduga tamu istimewa yang datang ke kolam itu Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Kabupaten Sergai Yunasril SH,M.Kn yang didampingi istri Kikky Febriasi SH,M.Kn yang turut menikmati makan siang terlihat semangat bahkan sampai tambah makannya.

Padahal makanan yang disajikan termasuk biasa-biasa saja tidak ada yang menarik, tapi menu yang berbeda hanya sambal Andaliman dan lauknya Sepat Siam digoreng. Istrinya Aida yang turut memasakan makan itu merasa bahagia makan yang disajikan habis. Ia melihat semua yang makan pada saat itu mandi keringat dan mengeluarkan suara “wah pedas dan enak.”, begitulah ungkapan yang keluar usai makan siang di rumah samping kolam ikan.

Terus terang kata Rojali lagi, ia baru pertama kali mencicipi sambal Andaliman ini dan memang terasa pedas juga bisa menambah nafsu makan.Wajar banyak orng yang mengidolakan sambal pedas dan mengoyangkan lidah tersebut. Kurang yakin silakan coba dan cicipi sendiri.Ucapnya.(R-03)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *