Stasiun Kereta Api Tawang Tergenang Air, Menhub Budi Karya Sumadi : Ketinggian Jalur KA Akan Dinaikan 500 meter

By Administrator Feb 7, 2021

Semarang,Sinarsergai.com – Stasiun Kereta Api (KA) Tawang merupakan bangunan heritage (peninggalan bersejarah) sehingga tidak bisa begitu saja diubah-ubah dan dirombak dalam rangka melakukan manajemen air untuk menanggulangi genangan air. Ucap Menhub saat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai meninjau kondisi Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang, Semarang, Minggu (7/2/2021).

“Saat ini Stasiun Kereta Api Tawang masih belum bisa beroperasi karena stasiun dan jalur kereta api masih tergenang air.”

Dijelaskan Menhub, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memiliki sistem manajemen air di sekitar stasiun dan meminta bantuan Kementerian PUPR untuk mengoptimalkannya.

Selanjutnya langkah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menaikkan ketinggian jalur kereta api sepanjang 500 meter dan menyarankan agar sementara ini kereta api beroperasi hanya sampai Stasiun Poncol saja.

“Untuk penanganan terhadap simpul-simpul transportasi baik di Bandara dan Stasiun, kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Kementerian PUPR, dan pihak-pihak terkait lainnya. Karena ini mesti kita lakukan dengan kerja sama,” ungkap Menhub.

Kondisi Stasiun Tawang dan jalur kereta api di sekitar area stasiun masih tergenang air sehingga perjalanan kereta api pagi ini masih belum bisa beroperasi. Sedangkan di Stasiun Poncol genangan air dilaporkan sudah surut.

PT KAI telah melakukan antisipasi yaitu melakukan perubahan pola operasi pada perjalanan kereta api jarak jauh dengan mengalihkan perjalanan ke jalur selatan. Selain itu, juga melakukan pengalihan moda terhadap penumpang ka dengan menggunakan transportasi bus. (rel/Ded)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *