Gawat Perang Dunia III Bakal Terjadi, Jika Rusia Dan Ukraina Perang

Inggris,Sinarsergai.com – Angkatan Bersenjata Kerajaan Inggris (British Army) ikut mengerahkan pasukannya. Kementerian Pertahanan Inggris memastikan bahwa ini adalah jawaban atas provokasi yang terus dilakukan oleh Rusia. Pertanda perang akan terjadi antara Rusia dengan Ukraina semakin terlihat.

Mengutip laporan yang dilansir oleh VIVA Militer dari UK Defence Journal, diketahui sejumlah tentara Inggris telah dikirim ke Ukraina dengan menggunakan dua unit pesawat angkut Boeing C-17 Globemaster III milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF), Senin 17 Januari 2022.

Tak hanya itu, Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengonfirmasi pengerahan sejumlah senjata sistem peluncur rudal ke Kiev.

Secara resmi Wallace memberikan pernyataan terkait pengerahan pasukan dan unit senjatanya, dalam dukungan perlawanan Ukraina terhadap Rusia.

“Hingga hari ini, puluhan ribu tentara Rusia di tempatkan di dekat perbatasan Ukraina. Mereka dilengkapi dengan tank, kendaraan tempur lapis baja, artileri roket dan rudal balistik jarak pendek,” tegas Wallace.

Saya hari ini bisa mengkonfirmasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat bahwa, mengingat perilaku yang semakin mengancam dari Rusia dan di samping dukungan kami saat ini, Inggris menyediakan bantuan keamanan baru untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Ukraina,” jelasnya.

Wallace juga menjelaskan bahwa perang pasukan Inggris adalah untuk memberikan pelatihan singkat kepada personel militer Ukraina.

Kemudian, Inggris juga mengirim sistem senjata pertahanan ringan AT4 84 mm, dengan kemampuan anti-kendaraan lapis baja dan sistem senjata pertahanan milik Rusia. Aksi pasukan Inggris ini tergabung dalam operasi yang diberi sandi ORBITAL.

Sementara itu, jumlah tentara Inggris yang dikerahkan ke Ukraina tidak diungkapkan secara detail. Hal ini dilakukan karena alasan keamanan. Terlibatnya militer Inggris membuat kemungkinan pecahnya Perang Rusia-Ukraina kian besar. Bukan tak mungkin juga, konflik kedua negara bisa jadi pemicu meletusnya Perang Dunia III. Mengingat Ukraina didukung penuh oleh Amerika Serikat (AS), Inggris dan sejumlah negara anggota NATO lainnya. (Viva/R-06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *