Jangan Ngaku Warga Batubara, Kalau Belum Tahu Misteri Pulau Salahnama (Catatan Zulkifli Nasution Redaktur Sinarsergai.com )

Pulau Salahnama adalah sebuah pulau kecil di Selat Malaka, pulau tersebut berada dilepas Pantai Timur Sumatra, sekitar 40 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Pandang. Pulau ini masuk dalam wilayah Indonesia, tepatnya wilayah Administratif Kabupaten Batubara.

Berdasarkan catatan Wikipedia, Pulau salah nama tersebut memiliki panjang sekitar 500 m dan lebar 250 m. Dari jarak tempuh pelabuhan Tanjung Tiram, jauh pulau itu diperkirakan sekitar 12 Mil dari bibir pantai Kuala Batubara.

  • Awal Mula Nama Pulau Salah Nama

Berdasarkan cerita rakyat yang dipercaya masyarakat setempat, Awalnya, nama pulau ini sama dengan nama organ intim kaum perempuan, sehingga kalau ada orang yang bertanya tentang nama pulau tersebut pada kaum perempuan, mereka akan menjawabnya dengan Pulau “Salah Namo” atau Pulau Salah Nama. Akhirnya, pulau itupun lebih dikenal dengan nama Pulau Salah Namo.

Pernyataan tersebut kini bertebaran dari mulut- kemulut. Alasannya, sejauh mata memandang bentuk pulau itu dari jarak kejauhan bak merupakan bentuk ‘organ intim’ kaum wanita. Maaf ya.

Kini, Pulau itu, memiliki keunikan tersendiri yakni banyaknya bebatuan berwarna merah yang mengelilingi kawasan pulau. Hamparan pasir putih dan rindang pepohonan menjadi daya tarik yang luar biasa dari Pulau Salah Namo, begitu juga dengan alam bawah lautnya yang dihiasi terumbu karang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *