Luar Biasa Nikmatnya Solat Berjamaah di Masjid Agung Serdang Bedagai (Catatan Zuhari Redaksi Media Online Sinarsergai.com)

Mendirikan Solat fardhu merupakan kewajiban bagi umat muslim, bisa dilaksanakan secara sendirian dan berjamaah. Terdapat perbedaan rasa yang sangat menonjol ketika kita melaksanakan solat sendirian di rumah dengan berjamaah di Masjid Agung Serdang Bedagai yang berlokasi persis di depan pintu Jalan Tol Teluk Mengkudu di Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Abdur Rahim Lubis salah satu warga Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah, menuturkan, ketika kita menunaikan Solat fardhu sendirian di rumah tentunya tanpa imam dan berjamaah mengikuti imam. Sepengetahuannya, Solat berjamaah merupakan salah satu solat yang dilaksanakan lebih dari satu orang secara bersama dipandu oleh seorang imam. Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda ketika mendirikannya secara berjamaah, kita bisa saling bersilaturahmi antara sesama jamaah.

Tentunya kita bangga memiliki Masjid yang tergolong megah dan indah yang baru saja berusia lebih kurang 1 tahun, dimana pembangunannya telah selesai pada tahun 2021 yang lalu berikut dengan satu bangunan Miniatur Ka’bah yang berdiri di depannya. Miniatur Ka’bah ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk manasik Haji dan Umroh.

Melaksanakan Solat berjamaah di Masjid Agung Serdang Bedagai kita bisa langsung ketemu dengan masyarakat maupun pejabat Pemkab Sergai. Terus terang kata Abdur Rahim, terkadang perkenalan sesama jiran tetangga malah dipertemukan saat melaksanakan Solat berjamaah. Situasi ini harus dimaklumi, dimana setiap orang memiliki aktivitas masing-masing dan kesibukan sehingga Allah SWT bisa mempertemukan kita saat Solat berjamaah.

Masjid Agung Sergai ini dibangun berlantai 3 memiliki taman dan halaman parkir yang cukup luas. Pernah di tahun yang lalu tepatnya Bulan Suci Ramadhan tahun 2021,Pemkab Sergai menggelar kegiatan Kampung Ramadhan di Halaman Masjid Agung Sergai dengan menampilkan stand pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk menjual makanan khas masing-masing dari perwakilan 17 kecamatan. Setiap sore menjelang berbuka puasa Masjid ini sangat ramai dikunjungi oleh berbagai masyarakat dari berbagai tempat tinggal.

Dikatakannya, alangkah rugi jika seseorang berkunjung ke Kabupaten Sergai ini tidak menyempatkan diri untuk mendirikan Solat di Masjid Agung Serdang Bedagai. Selain menunaikan ibadah, setiap orang dapat melihat secara langsung dan menikmati keindahan Masjid tersebut bersama bangunan Miniatur Ka’bah. Tak sedikit warga yang sudah sampai ke Masjid ini mengambil moment sangat berharga dengan mengabadikannya terkadang bersama keluarga dan juga temannya dengan berfoto selfi bahkan ramai-ramai.

Konon lagi Pemkab Sergai ke depan akan membangun sarana bagi warga yang ingin berdagang di Halaman Masjid tersebut, tentunya ini menjadi daya tarik bagi pengunjung dari luar daerah yang ingin menikmati berbagai jenias makanan khas asal Kabupaten Sergai. Saya yakin Masjid Agung Serdang Bedagai ini akan meningkat pengunjungnya ke depan yang ingin berwisata religi dan menunaikan ibadah solat.

Tentunya banyak tempat tujuan berwisata yang tidak hanya memberikan rasa senang dan pengalaman baru, tetapi alangkah baik wisata itu bisa menjadi suatu pelajaran dan memberi manfaat bagi umat muslim. Dari sekian banyak Masjid yang ada di Sergai, Masjid Agung merupakan menjadi Icon dan salah satu  wisata andalan bagi masyarakat yang mungkin sangat disayangkan untuk dilewati.  

Jadi, kenikmatan yang dirasakan saat mendirikan Solat berjamaah sulit diungkapkan dan yang jelas kita terasa melaksanakan Solat seperti berada di Kota Madinah dan Mekah. “Suara yang sangat merdu dan bacaan keluar dari mulut seorang imam terdengar sangat pasih dalam melantunkan ayat-ayat suci Alqur’an di Masjid Agung Sergai sehingga membuat jamaah menjadi nyaman dan tenang.” Jika ingin mengetahuinya secara jelas bagaimana anda rasakan maka silakan segera kunjungi Masjisd Agung Sergai menunaikan ibadah Solat fardhu berjamaah.Ucap Abdru Rahim. (******)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *