Membanggakan, Kader Satgas Joko Tingkir Ciptakan Pupuk Berkualitas

By Administrator Jun 12, 2022

Medan, Sinarsergai.com-Mayor TNI (Purn) Selamet (poto) salah seorang kader Satgas Joko Tingkir Sumut, setelah memasuki masa pensiun dari TNI,  tidak memilih duduk manis saja, Namun dia berbuat untuk orang banyak.

Buah kerja kerasnya, segala pikiran dan dana dicurahkan untuk membuat sesuatu yang berguna sehingga kini dia berhasil menemukan dan menciptakan pupuk dengan mutu dan kualitas yang bisa dibanggakan.

Pria yang kini menjabat sebagai Koordinator Wilayah ( Koorwil) Satgas Joko Tingkir, untuk Kabupaten Labuhan Batu, Labura dan Labusel ini, kini telah memproduksi pupuk dengan merk ‘Walet Hitam”

Agar bermanfaatkan bagi orang banyak, setelah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Labuhan Batu, dia lalu memberikan pupuk organic hasil penemuannya itu kepada para petani di Labuhan Batu secara gratis sekaligus untuk menguji kualitas pupuk hasil karyanya tersebut

Pupuk tersebut diberikan kepada Ketua Kelompok Tani setempat bermarga Panjaitan.

Setelah dilakukan pemupukan dengan pupuk organic hasil  karya Selamat, (pupuk Walet Hitam) tanpa pupuk  campuran kimia,  ternyata hasil yang diperoleh petani sungguh sangat menggembirakan. Padi tumbuh subur dengan hasil padi sangat berisi tanpa kosong.

Saat penen, raut wajah petani sangat gembira lantaran mendapat hasil yang memuaskan. Bahkan salah seorang petugas penyuluh pertanian disana Khairani,  mengakui keunggulan pupuk Walet Hitam ini

Selama ini ujar Khairani, padi yang menggunakan pupuk kimia hanya mendapat 12 kaleng padi gabah. Namun setelah menggunakan pupuk Walet Hitam, hasilnya mencapai 16 kaleng

Lokasi iji coba tersebut dilakukan di Aek Nata Labuhan Batu. Dengan petunjuk pemakaian untuk areal satu rante cukup menggunakan pupuk Walet Hitam sebanyak 50 kg, sementara areal uji coba mencapai satu hakter.

Sementara Ketua Satgas Joko Tingkir Sumut Sukirmanto SH, juga ikut merasa bangga atas karya kader Satgas Joko Tingkir, “ mudahan mudahan, kader kader kita yang lain bisa mengikuti jejak pak Selamet ini, sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing, “ ujarnya. (mar)