Heboh, Para Guru Kembali “Setor” Dana TPG ke Kemenag Sergai

SERGAI,Sinarsergai.com- Masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Propinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali dihebohkan dengan informasi dugaan penyetoran dana yang bersumber dari Tunjangan Profesi Guru (TPG) ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serdang Bedagai, sebesar Rp.50 ribu/orang/tiap bulannya x 3 bulan. Sertifikasi guru itu ada dua jenis pertama Sertifikasi dan Inpassing.

Pencairan dana TPG itu dalam setahun 4 kali dan setiap 3 bulan sekali dana itu baru cair.Dana itu baru diserahkan ketika melakukan pengurusan berkas ke Kantor Kemenag Sergai berupa Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan, Surat keterangan beban kerja (SKBK), Surat Keterangan Mulai Tugas (SKMT), Daftar hadir online, Foto copy SK guru dan beban tugas.

Selanjutnya menurut pengakuan salah satu oknum guru yang mengantarkan dana tersebut ke Kemenag Sergai yang tidak ingin disebutkan identitasnya, Jum’at (23/9/2022), mengatakan sudah dua tahun tidak ada guru setoran, tapi setoran itu baru muncul lagi sejak Januari 2022 . Dijelaskannya, bahwa jumlah guru yang terima TPG lebih kurang 700 orang, terdiri dari Guru Raudhatul Affan (RA) Taman Kanak –Kanak, Madrasah Ibtidaiyah, Sanawiyah dan Aliyah.

Penyetoran tersebut sungguh sangat membebani para guru dan bukan soal jumlah sedikit atau banyaknya, namun perbuatan itu sangat bertentangan dengan himbauan yang telah disampaikan oleh Kakan Kemenag Sergai kepada seluruh kepala mmadrasah dan guru-guru, dimana narasinya itu berupa Tolak Gratifikasi dan Pungli (Pungutan liar). Hal itu jelas tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.Beber oknum guru di Sergai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Serdang Bedagai Zulkifli Sitorus,S.Ag ,MA yang dihubungi terkait informasi yang disampaikan oleh oknum guru mengatakan tidak ada itu.Jelasnya.(R-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *