Dandim DS Hadiri Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Kantor Bupati Deli Serdang

By Administrator Jun 1, 2023

Lubuk Pakam, Sinarsergai.com – Dandim 0204/DS Letkol. Czi. Yoga Febrianto, SH, MH, menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang berlangsung di halaman depan Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (01/06/23). 

Tampak sejumlah undangan diantaranya, Sekda Deli Serdang H. Timur Tumanggor, S.Sos, MAP,  Kajari Deli Serdang, Drs.Jabal Nur, SH, MH, Kepala BNN Deli Serdang, Kombes. Pol. Muhammad, Kasat Sabhara Polresta Deli Serdang, Kompol B. Panjaitan, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam (Drs. H. Zuaini, SH, MH, Kasubag TU Lapas Lubuk Pakam Julitri Pasaribu, SH, MH, Kasbrig 7/RR Letkol. Inf. Wisyuda Utama, Wadan 121/MK, Mayor Inf. Kukuh, Dansub Denpom I-III/LP Lettu. Cpm. Alpondo Siahaan. 

Terlihat juga, para Staf Ahli Setdakab Deli Serdang bersama Asisten Setdakab Deli Serdang, Para Kepala OPD Pemkab Deli Serdang, Para Kabag Setdakab Deli Serdang, Para Camat Se-Deli Serdang, Ketua LVRI Deli Serdang Sutimin, perwakilan organisasi, Nahdatul Ulama, BKPRMI dan Rempala Indonesia. 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Deli Serdang yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, H. M. Ali Yusuf Siregar menyampaikan ada pun tema peringatan “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.

Dalam arahannya, Yusuf menyampaikan bahwa ideologi merupakan hal statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada yaitu sebagai budaya dan kultur dinamis yang memandu kehidupan agar sesuai dengan kitab-kitab negara demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Pancasila digali dari bumi Indonesia dari menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita bangsa Indonesia untuk aktualisasikan Pancasila sehingga Pancasila senantiasa bermasyarakat dan bernegara,” tegasnya. 

Dikatakannya, Pancasila bukan wacana belaka melainkan realita objektif dengan registrasi kuat baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah Tuhan Yang maha esa untuk bangsa Indonesia, pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan rasa cinta tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik, nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai, bekerja sama, saling menghormati,” tegasnya. 

Pancasila dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Masih dalam arahannya, Indonesia telah berhasil melewati masa pandemi, dimana tahun depan kita akan menghadapi pesta Demokrasi serentak.

Diakhir arahannya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas batas yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia yaitu 20% untuk mengatasinya saya mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia Hal ini merupakan kerja nyata kepedulian Pancasila dan aktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila pada peringatan hari lahir Pancasila untuk bersama-sama menanamkan menegakkan dan menjaga Pancasila yang nilai-nilai terkandung dalamnya. (SS/Kodim DS)