Ustad Alpisahri : Memaafkan Kesalahan Orang Lain Adalah Perbuatan Mulia

By Sinarsergai Apr 10, 2024
Teks foto : Ustad Alpisahri sampaikan tausiyah usai Solat Idul Fitri 1445 H di Masjid Raya Bangun Purba,Kabupaten Deli Serdang, Rabu (10/4/2024)

DELI SERDANG,Sinarsergai.com – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari ada dua hubungan yang harus kita jaga. Dua hubungan tersebut berupa Hablum Minallah yaitu pola hubungan antara manusia dengan sang Pencipta. Dan Hablum Minannas pola hubungan dengan sesama manusia. Untuk menjaga hubungan dengan sesama manusia adalah dengan saling memaafkan. Memang tidak mudah. Sedangkan menjaga hubungan dengan manusia jauh lebih sulit daripada menjaga hubungan dengan Allah SWT. Hal ini disampaikan oleh Ustad Alpisahri dalam tausiyah usai Solat Idul Fitri 1445 H di Masjid Raya Bangun Purba,Kecamatan Bangun  Purba Kabupaten Deli Serdang, Rabu (10/4/2024).

“Mari kita saling memaafkan di Hari Raya Idul Fitri ini, terutama kepada kedua orang tua yang mana kita telah diasuh sejak bayi hingga dewasa tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa.” Untuk itu datangilah kedua orangtua jika masih hidup keduanya, dimana pun keduanya tinggal dan jika kita berada di luar daerah tidak serumah, maka pulanglah di Hari Raya idul Fitri ini. Jangan sibuk mendatangi rumah pejabat maupun pimpinan tempat kita kerja, tapi kedua orang tua malah diabaikan. Maka penyesalan akan didapat oleh seorang anak nantinya.”

Perlu kita ingat kata Ustad alpisahri, bahwa umur kita ditentukan oleh Allah SWT dan tidak ada yang tahu kapan diambil oleh Allah SWT. Manfaatkan usia yang ada ini untuk berbakti kepada kedua orang tua yang telah mengasuh kita. Selanjutnya, baru kita meminta maaf kepada tetangga, sebab tetanggalah yang akan lebih utama menolong kita jika ada terjadi sesuatu peristiwa yang tidak diinginkan.

Memang sebut Alpisahri, terasa sulit untuk memberi maaf kepada orang lain yang telah berbuat salah. Namun  perlu kita ketahui bahwa memaafkan kesalahan orang lain merupakan salah satu akhlak mulia yang perlu ditanamkan pada diri umat muslim. Sebagaimana ditegaskan dalam Surat Al A’raf ayat 199 yang artinya: “Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.” Jelas Alpisahri mengutip Firman Allah SWT.(Zul)


Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *