Ratusan Nelayan Tradisional Akan Aksi Damai di Kantor Polres Sergai

By Sinarsergai Mei 25, 2024
Teks foto : Nelayan tradisional Pantai Cermin ,Sergai.

SERGAI,Sinarsergai.com – Diperkirakan ratusan orang nelayan akan melaksanakan aksi damai di depan Kantor Polres Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut), di Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah, terkait merajalelanya Kapal Pukat Harimau beroperasi di dekat bibir Pantai Cermin.

“Keberadaan Kapal Pukat Harimau dan sejenisnya telah menganggu nelayan tradisional Sergai dan dapat merusak kehidupan habibat laut diantaranya Karang yang selama ini sebagai tempat berbagai jenis ikan bertelur. Mereka yang menjalankan tangkap ikan dengan Jaring besar berbentuk Kerucut itu berasal dari luar Kota Tanjung Balai, Batubara, dan daerah lainnya. Terliat juga Kapal dengan menggunakan alat tangkap Cantrang dengan Jaring Cicin dan besi. Mereka boleh berlabuh/menangkap ikan di zona diatas 4 mil dari bibir Pantai.

Terkait aksi damai rencananya minggu depan kata Syahrian,Jum’at (24/5/2024) yang turut didampingi nelayan tradisional Pantai Cermin, akan dilaksanakan tediri dari 5 kecamatan pesisir. Dalam aksi itu massa dari nelayan meminta Kapoldasu dan Kapolres Sergai turun tangan menertibkan Kapal Pukat Harimau,Cantrang dan pukat yang tidak ramah lingkungan dari dekat bibir Pantai.Tegasnya.

“Kami berharap Kapoldasu mendengarkan suara nelayan ini sehingga emosi nelayan kecil dan lemah ini dapat dikendalikan. Aneh juga rasanya permasalahan Pukat Harimau,Cantrang dan sejnisnya tidak dapat ditertibkan dan carikan solusinya untuk penyelesaiannya. Kenapa disaat Meteri Kelautan dijabat oleh Susi, tidak ada kapal Pukat Harimau dan lainnya dilarang oleh aturan beroperasi tidak ada yang dekat bibir pantai.Ucapnya.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *