Kecamatan Dolok Masihul Raih Juara Umum MTQH, Bupati Sergai Bahagia Lihat Generasi Muda Baca Alqur’an

By Administrator Feb 27, 2023

SERGAI,Sinarsergai.com – Ketua Dewan Pengawas Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) ke-19 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-20, yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Serdang Bedagai (Sergai) Drs. H. Hasful Huznain,SH, menjelaskan bahwa, berdasarkan Keputusan Dewan Hakim MTQH ke-19 tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2023 Nomor 01/ SKep.DH-MTQ/LPTQ-Sergai/02/2023, Khafilah terbaik dengan Juara Umum diraih oleh Kecamatan Dolok Masihul, kedua Kecamatan Sei Rampah, ketiga Kecamatan Perbaungan.

Sedangkan terbaik keempat diraih oleh Kecamatan Serbajadi, kelima Bintang Bayu, keenam Sei Bamban, ketujuh Pantai Cermin, kedelapan Tanjung Beringin, kesembilan Tebing Tinggi, sepuluh Kecamatan Silinda. Jelas Hasful, Senin (27/2/2023).

“Tenang, terasa sejuk hati dan bahagia ketika melihat begitu banyak potensi dan bakat di bidang musabaqah dari anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa nantinya. “Ini merupakan sesuatu yang menggembirakan bagi saya selaku kepala daerah.

Konon lagi di saat kondisi perilaku generasi muda kita yang telah terkontaminasi dari efek negatif arus informasi dan globalisasi. Alhamdulillah, masih banyak juga generasi muda maupun anak-anak yang tekun mempelajari dan meningkatkan pemahaman dibidang MTQ serta seni islami.

Perasaan bahagia itu diungkapkan Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang turut didampingi Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Sabtu malam (25/2/2023) saat menutup Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) ke-19 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-20 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang telah dilaksanakan selama 5 (lima) hari di Komplek Masjid Agung Sergai, di Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah.

Dikatakan Bupati, kegiatan MTQH dan FSN merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemkab Sergai dalam rangka mengembangkan nilai-nilai ajaran islam. 

Pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan upaya mewujudkan masyarakat yang visi Sergai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera dan Religius). “Pemkab Sergai kata Bupati, terus berupaya dan mendorong untuk event- event yang bersifat keagamaan dapat terus terlaksana,” ujarnya.

Ia mengharapkan melalui gelaran ini akan terjaring bakat dari putra-putri Sergai yang mampu membawa nama Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Bagi peserta yang meraih juara, saya ucapkan selamat atas prestasi yang di raih dan teruslah belajar. Para pemenang, katanya lagi, nanti akan dikirim menjadi duta Kabupaten Sergai di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Tak lupa ia berpesan kepada yang belum mendapatkan juara, kiranya dapat berusaha dan berlatih lebih giat lagi hingga bisa meraih juara pada event yang akan datang, tutupnya. 

Kegiatan ini dihadiri unsur Forkopimda Sergai, diantaranya, Ketua DPRD Sergai M. Ilham Ritonga,SE, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kabag Kesra Sergai Raden Cici Sistiansah S.Sos, para Camat, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat.(R-03).