Hasil Kunjungan di Kabupaten Bandung Barat,Ternyata Pentingnya Pasar Demi Kelangsungan Hasil UMKM (Catatan Zuhari Pemred Sinarsergai.com)

By Administrator Feb 17, 2021

Ternyata langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha disana membuahkan hasil. Ada 7 desa yang sudah menanamkan modalnya saat PT tersebut dibentuk. Dengan terbentuknya PT tersebut, pelaku UMKM dapat terbantu untuk mengembangkan usahanya dan sekarang sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam memasarkan hasil UMKM. Kondisi ini kata Yunasril SH,MKn yang berkunjung bersama Ismed Lubis SH,MSP,CPCLE, diketahui ketika berada di Desa Mandalasari Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat dan bertemu dengan bendahara PT. Mukti Raharja  Witri Nurdiantini SPdI.

Nah, dalam pertemuan yang mendadak tersebut,pihaknya mendapat sambutan yang hangat bahkan berbagai informasi diberikan dalam pengelolaan BUMDes dan PT untuk memajukan pelaku UMKM di daerah tersebut. Dari perbincangan yang dilakukan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan, dapat disimpulkan untuk memajukan UMKM sangat dibutuhkan Pasar sebagai tempat penampung hasil pelaku UMKM.

Melihat Objek Wisata dan Cicipi Kuliner

Setelah melakukan tatap muka dan bincang-bincang dengan pelaku UMKM di Desa Mandalasari, perjalanan dilanjutkan dengan melihat keindahan objek wisata di Bandung Barat, salah satunya Gunung Tangkupan Perahu. Selanjutnya mencicipi kuliner yang ada di Propinsi Jawa Barat tersebut, diantaranya Karedok yang merupakan salah satu kuliner terkenal di Propinsi Jawa Barat.

Karedok ini terbuat dari beraneka sayuran yang dicampur dengan Tempe dan Tahu juga bumbu yang rasanya membuat lidah ikut bergoyang. Selain itu, masih ada lagi yang namanya Nasi Timbel Liwet. Nasi ini disajikan dalam bungkusan daun pisang, tentunya berbeda rasanya dengan nasi biasa yang penyajiannya mempergunakan piring maupun mangkok.

Nasi Timbel ini rasanya sangat gurih, tidak lembek dan keras, namun mengeluarkan aroma yang cukup harum. Nah, ternyata nasi Timbel ini memiliki rasa yang lebih jika dicampur dengan sambal pedas. Konon katanya lagi nasi Timbel yang merupakan makanan khas Sunda ini paling digemari petani disana. Tapi, sekarang nasi itu tidak hanya petani dan masyarakat disana saja menikmati kuliner itu, pengunjung dari luar Jawa Barat juga sudah bisa mencicipinya di rumah makan.

Nah, yang menariknya lagi saat menikmati Durian Monthong di areal Kebun. Durian ini memiliki keunggulan isinya tebal dengan ukuran besar dan memang aromanya tidak keciuman dari kejauahan maupun dekat. Namun rasa dan ukurannya wah, cukup memuaskan lambung saat dimakan. Durian ini biasanya disebut – sebut sebagai durian khasnya Thailand. Enaknya luar biasa. Tak cukup hanya dua hari untuk mengelilingi Kabupaten Bandung Barat jika ingin mengetahui keindahan dan nikmatnya udara sejuk disana.Ucap Ismed Lubis menambahkan.******

Related Post

One thought on “Hasil Kunjungan di Kabupaten Bandung Barat,Ternyata Pentingnya Pasar Demi Kelangsungan Hasil UMKM (Catatan Zuhari Pemred Sinarsergai.com)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *