Soal Nama Masjid Agung Serdang Bedagai, Usman Sitorus Usul Ditambah “Firdaus” Lebih Indah

By Administrator Mei 1, 2021

Sergai,Sinarsergai.com – Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai merupakan masjid yang menjadi banggaan seluruh masyarakat di daerah ini. Masjid Agung Sergai ini berdiri di Dusun I Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah,Kabupaten Sergai, sudah banyak diketahui oleh banyak orang dan datang untuk mendirikan solat. Bangunan ini telah menghabiskan uang lebih kurang Rp.49 Miliyar bersumber dari anggaran APBD Sergai tahun 2018 lalu.

Menurut Ketua OKK DPW PPP Sumatera Utara (Sumut) H.Usman Effendi Sitorus S.Ag,MSP yang juga mantan anggota DPRD Sergai dua periode ini, Masjid Agung ini perlu dirubah namannya dengan menambah “Firdaus” sehingga menjadi Masjid Agung Firdaus Kabupaten Serdang Bedagai, mengingat Firdaus merupakan nama Syurga dan tempat berdirinya masjid tersebut. Hal ini disampaikan Usman Effendi Sitorus yang akrab disapa Ustor,Sabtu (1/5/2021).

Pertimbangan lain kata Ustor, dengan adanya Masjid Agung Firdaus ini maka yang selama ini Desa Firdaus ini memiliki image kurang baik, maka sekarang berubah menjadi tempat religi. Saat ini banyak orang datang dari berbagai daerah selain mendirikan solat, masyarakat ingin menikmati pariwisata, bukan religi. Nah, bagaimana mewujudkan Masjid Agung Firdaus Sergai ini seperti di Surga, tentunya perlu dibenahi Tamannya, kebersihan lingkungan Masjid dan airnya yang senantiasa mengalir. Selain itu ditingkatkan pengamanannya dan pencayaan yang sangat memadai.

“Saat ini yang kita sayangkan tidak ada dana yang dianggarkan pada APBD Sergai untuk Masjid Agung Sergai ini. Sementara masjid ini adalah aset Pemerintah Kabupaten Sergai, justru itu pemerintah hadir disini. Jika pemerintah daerah ini soal kondisi saat ini refocusing maka mari kita cari dana yang bersumber dari lain seperti CSR. Mestinya masjid ini dikelola oleh satu bidang seperti di Kota Tebing Tinggi.”

Masjid ini ada tower yang bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menjadikan bangunan itu sebagai tempat kunjungan masyarakat untuk melihat pemandangan yang indah dari tower itu dari jarak kejauhan. Tentunya butuh dilengkapi dengan sarana Lift guna memudahkan masyarakat naik keatas. Bagi warga yang ingin masuk dan naik keatas, boleh dikenai biaya dan ini bisa menjadi pemasukan bagi pendapatan kas daerah nantinya.

“Kita berharap konsep religi itu dapat dituangkan di Masjid Agung Sergai ini, jangan kaku. Perlu dilakukan pembenahan terhadap taman masjid ini sehingga bisa menampilkan keindahan dengan pemandangan yang cukup indah penuh hiasan berbagai bunga dan ada juga di dalamnya air yang mengalir.”ujar Ustor..(R-03)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *