Ditolak Rekomendasi Pemberhentian 6 Aparat Desa, Kades Pasar Baru Dan Masyarakat Datangi Kantor Camat Teluk Mengkudu

By Administrator Agu 6, 2021

Sergai,Sinarsergai.com – Aksi damai puluhan warga Desa Pasar Baru,Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang diduga merasa kecewa terhadap penolakan surat rekomendasi pemberhentian terhadap 6 orang aparat desa yang terdiri dari 3 kaur dan 3 kepala dusun, berjalan tertib. Kedatangan masyarakat yang turut didampingi Kepala Desa Pasar Baru ke Kantor Camat Teluk Mengkudu, Jum’at (6/8/2021), mendatangi Kantor Camat Teluk Mengkudu turut membawa poster yang bertuliskan protes terhadap penolakan dari Camat Teluk Mengkudu.

Saat perwakilan menyampaikan orasi terkuak bahwa warga menuntut Camat Teluk Mengkudu, Dra. Sri Rahayu terkait penolakan permohonan rekomendasi pemberhentian aparatur desa tanpa dilakukan terlebih dahulu mediasi kepada Kepala Desa Pasar Baru, Suriadi yang biasa dipanggil Rudi.

Nada kecewa terus diteriaki aksi mwarga di halaman Kantor Camat Teluk Mengkudu dibawah terik panas Matahari dikarenakan Camat Teluk Mengkudu enggan bertemu. Masyarakat mendesak Camat agar disetujui rekomendasi Kades Pasar Baru untuk menggantikan 6 aparat desa tersebut.

Kepala Desa Pasar Baru, Suriadi di lokasi aksi damai itu menuturkan, orasi ini terkait adanya penolakan rekomendasi pemberhentian aparatur desa. Sebab ia menilai 6 orang aparat desa tersebut tidak sejalan dengan saya selaku pimpinannya.

Masih penjelasan Rudi, permasalahan ini sudah sejak Camat lama Romian, namun hingga kini camat baru belum juga selesai. Kemudia ia membeberkan bahwa pada tanggal 27 Juli 2021, dia dipanggil oleh Camat Teluk Mengkudu yang baru, bahwasanya dalam pertemuan Camat berjanji akan memenuhi kebutuhannya.
Selanjutnya, kata Suriadi, Camat berjanji akan mengadakan mediasi antara Kepala Desa dengan aparatur desa. Isi surat itu diantaranya pada poin pertama, saya berikan surat konsep untuk pengunduran diri terhadap kaur desa dan aparatur desa.

Kedua, andai mereka tidak ada menandatangani surat pengunduran diri itu akan saya rekomendasi apa kepentingan pak Kades untuk aparat desa.

Bahkan saya dijanjikan manis dengan oleh Camat, tetapi seiring waktu berlalu dan tepat pada Senin (2/8/2031), Camat kembali akan mengadakan mediasi.

Namun kata Kades, tak disangka,setelah beberapa jam kemudian saya tiba-tiba oleh Kasi Pemerintahan Ahmad Muhajir via telepon seluler yang menyampaikam rencana mediasi tersebut ditunda dengan alasan Camat sedang sakit dan saat ini masih diisolasi mandiri. Tapi nanti setelah diketahui hasil PCR nya, maka bisa dijadwalkan mediasi antara Kaur Desa dan Kepala Desa. Beber Rudi dengan nada kecewa.

Nah, keesokan harinya tepat pada Selasa, tanggal 3 Agustus 2021, sekira pukul 18:00 WIB, tiba-tiba ada surat dari Kecamatan yang isinya menolak pemberhentian aparatur desa dan surat tersebut di tanda tangani oleh Camat Teluk Mengkudu dan tertera surat tersebut dibuat pada tanggal 30 Juli 2021. Anehnya surat tersebut dikeluarkan tanpa memberikan penjelasan. Ungkap Kades dengan nada kesal lagi.

Masih kata Kades, bahwa ke depanya andai tidak ada tanggapan dari pihak kecamatan dan tidak disetujui surat rekomodansi oleh Camat, dalam jangka waktu paling lama satu minggu, saya khawatir akan lebih banyak lagi masyarakat yang ikut gelar aksi damai seperti ini. Kemungkinan itu besar terjadi
disebabkan masyarakat yang menolak dengan keputusan camat dan tentunya saya tidak bisa menghalangi warga yang ingin mensuarakan penolakan tersebut.Ujar Kades.

Dalam surat rekomendasi yang sudah dilayangkan ke Camat ada 6 orang untuk diberhentikan dari jabatan yakni Kaur pemerintahan, Kasi Pelayanan, Kaur keuangan dan 3 orang kepala dusun.Jelas Kades.

Diwaktu yang sama, Camat Teluk Mengkudu Dra Sri Rahayu melalui Sekcam Teluk Mengkudu, Sujarwo ketika diminta keterangan tentang aturan pemberhentian aparatur desa dan penolakan atas surat rekomendasi mengatakan nanti akan disampaikan kepada Camat.Ucap Sekcam.(R-6)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *