Inovasi DBEST Desa Tanjung Sari Diharapkan Dapat Tekan Angka Stunting Di Batang Kuis

By Administrator Jun 20, 2022

Deli Serdang,Sinarsergai.com – Dalam Rangka menekan angka Stunting di Kabupaten Deli Serdang,Sumatera Utara, Kepala UPT Puskesmas Batang Kuis dr.Aguswan dan seluruh staf puskesmas menggandeng Desa Tanjung Sari membuat inovasi DBEST ( Desa Bebas Stunting) di Desa Tanjung Sari, Senin (20/6/2022).

Inovasi ini sengaja dibuat di Desa Tanjung Sari, sebab merupakan salah satu locus Stunting di Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan Inovasi DBEST ini terdapat beberapa sasaran yaitu,remaja produktif, ibu hamil, ibu beserta bayi dan balita Stunting.

Adaoun kegiatan yang dilakukan sebut Agus, berupa Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Program Kegiatan Gizi Masyarakat, program Kegiatan Kesehatan Anak, dimana dalam kegiatan ini tim menilai status tumbuh kembang pada anak.

Selanjutnya pelayanan kesehatan Ibu hamil berupa konsultasi kehamilan, USG dan pemeriksaan laboratorium, Penyuluhan kesehatan lingkungan tentang PHBS, Pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita, serta kegiatan Senam PKPR untuk remaja Peserta yang hadir dalam kegiatan DBEST tersebut. Jelas Agus.

Ratusan Warga Desa Tanjung Sari yang hadir begitu antusias mengikuti Program Inovasi DBEST di desa Tanjung Sari, Kecamatan Batang Kuis ini. Kepala UPT Puskesmas Batang Kuis dr.Aguswan kepada wartawan mengatakan Inovasi ini untuk menekan angka stunting di Desa Bangun Sari Khususnya dan umumnya di Deli Serdang.

“Inovasi DBEST yang kita buat dan bekerjasama dengan desa Tanjung Sari diharapkan dapat menekan angka stunting di Kabupaten Deli Serdang yang saat ini merupakan prestasi Kabupaten Deli Serdang dalam menekan angka stunting pada anak,” ujar Dr. Aguswan.

Masih kata Dr.Aguswan, berdasarkan data terakhir kali angka stunting Deliserdang paling rendah di 12,5 persen, terbaik di Sumatera Utara, bahkan dizona pulau Sumatera pun masih terbaik. (R-02 )

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *