Dihadiri Para OPD, Dandim Pimpin Pertemuan Sosialiasi KomCad Matra Darat Tahun 2023

By Administrator Feb 10, 2023

Lubukpakam, Sinarsergai.com – Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto membuka kegiatan sosialisasi Rekrutmen Personel Komponen Cadangan (KomCad) Matra Darat Tahun 2023 di Wilayah Jajaran Kodim Deli Serdang. 

Dalam sosialisasi yang berlangsung di ruang pertemuan Makodim DS, Dandim DS Letkol Czi Yoga Febrianto didampingi Pabandya Wanm Sterdam I/BB, Mayor Inf Puguh Prasetya, Jumat (10/02/23). 

Dihadiri para OPD dari Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi, Dandim DS menjelaskan berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI. 

Komcad terbagi menjadi empat, yaitu Komcad sumber daya manusia (SDM), Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan dan Komcad sarana dan prasarana. 

Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam. Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara. Komcad sendiri bukan wajib militer. 

Komcad adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019. Setelah dilatih dan ditetapkan, mereka kembali ke masyarakat sesuai profesi masing-masing dengan status sebagai orang sipil.

Pada pertemuan tersebut, hadir Kasat Pol PP Kabuoate  Deli Serdang, Kasat Pol PP Kabupaten Sergai, Kasat Pol PP Kota Tebing Tinggi, Kadispora Kabupaten Deli Serdang, Kadispora Kabupaten Sergai dan Kadispora Kota Tebing Tinggi, Kadis BPBD Kabupaten Deli Serdang, Kadis BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, Kadis BPBD Kota Tebing Tinggi, Kadishub Kabupaten Deli Serdang, Kadishub Kabupaten Sergai, Kadishub Kota Tebing Tinggi, Kepala Damkar Kabupaten Deli Serdang, Kepala Damkar Kabupaten Sergai dan Kepala Damkar Kota Tebing Tinggi. (SS/Kodim DS)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *